fbpx

Pantai Cicalobak : Sensasi Tanah Lot di Jawa Barat

Pantai Cicalobak adalah pantai yang terdiri dari hamparan karang dengan debur ombak kencang yang setiap beberapa detik menghantam, persis seperti Tanah Lot di Bali tapi tanpa Pura. Alih-alih Pura, hanya ada saung-saung kecil di ujung karang untuk sekedar berteduh dan menikmati deburan ombak.

Seperti kebanyakan pantai lain di Pesisir Selatan Garut, Pantai Cicalobak belum memiliki fasilitas penunjang wisata. Hanya ada warung kecil warga setempat di depan pintu masuk. Plang pintu masuk pun kurang jelas, sehingga bisa saja pantai ini dapat dengan mudah terlewati. Penginapan terdekat terdapat di Rancabuaya. Dari Pameungpeuk, Pantai Cicalobak ini dapat dicapai dengan berkendara sekitar 30-45 menit, terletak sebelum Puncak Guha, ditandai dengan sebuah jembatan yang juga bernama Jembatan Cicalobak.

Pemandangan paling menarik dari Pantai Cicalobak tentu adalah teluk kecil yang terbuat dari gugusan karang dan ombak yang menghantamnya secara periodik. Gugusan karang ini menghampar luas hingga beberapa kilometer. Bahkan di bagian teluk pantai ini terdapat muara yang jatuh langsung ke atas karang; itu pun menjadi pemandangan tersendiri. Namun harap berhati-hati, ombak disini sangat kencang sehingga tidak dianjurkan untuk mendekati ujung karang, apalagi dengan membawa anak-anak.

Ketika artikel ini dibuat, pembangunan infrastruktur Pantai Cicalobak terlihat sedang berlangsung, namun sepertinya prosesnya sangat lambat. Walaupun keindahanya yang unik patut dijelajahi lebih jauh, juga dengan beberapa pantai unik di sekitarnya, tapi dengan belum adanya fasilitas penunjang, wisatawan belum bisa menghabiskan banyak waktu di destinasi ini. Menurut penuturan warga, jika fasilitas telah selesai dibangun, akan ada banyak kegiatan yang bisa ditawarkan kepada para wisatawan.

Saat ini Pantai Cicalobak memang masih dalam kategori keindahan yang harus dilewati. Kebanyakan pengunjung Pantai Cicalobak adalah wisatawan yang melintas, baik itu dari Santolo menuju Rancabuaya, maupun sebaliknya. Namun demikian, spot ini merupakan salah satu spot terbaik dan sayang sekali jika terlewatkan; hamparan karangnya tidak ada duanya di sepanjang pesisir selatan ini.

***

Dukung terus Jelajah Garut melalui usaha-usaha kecil yang kita jalankan:

Jelajah Garut Merchandise | Jelajah Garut Tour Organizer | Jelajah Garut Outdoor Gear Rental

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This