fbpx

Puncak Guha : Eksotisme Spektakuler Samudera Indonesia

Puncak Guha : Eksotisme Spektakuler Samudera Indonesia

Sontak, Kugy terduduk. Tersadarlah ia bahwa mobil itu tengah terparkir di atas tebing berumput hijau. Di hadapannya terhampar laut luas. Dan di bawah sana, tampak ombak berputar dan berpusar, saling memecah dan mengempas, menyapu hamparan karang dengan buih putih. Cepat-cepat. Kugy keluar dari mobil.

Belum tuntas rasa kagetnya, Kugy masih harus terpana melihat ratusan kalelawar yang tiba-tiba mengepak bersamaan dari bawah tebing, membentuk segelompok awan hitam yang sejenak memenuhi langit. Terkesiap dengan semua keindahan yang mendadak hadir di depan matanya, Kugy hanya bisa terduduk di atas rumput.

-Perahu Kertas, Dewi Lestari

Kutipan dua paragraf dari novelnya Dee, Perahu Kertas, diatas memang menggambarkan Puncak Guha secara gamblang; puncak tebing berumput hijau yang menghadap langsung ke Samudera Indonesia. Buat para penulis, tempat ini memang surga inspirasi. Dan buat para penjelajah yang sejenak ingin menyepi, tempat ini adalah surga mereka yang masih tersembunyi.

Rental Outdoor Gear Terbesar dan Terlengkap di Garut, klik disini.

Terletak hanya 3 km dari Rancabuaya, Puncak Guha menjadi tempat yang wajib dikunjungi jika Travelmate berencana menginap di Rancabuaya. Belum ada fasilitas penunjang wisatawan di sini. Hanya ada sebuah shelter bagi pengunjung yang ingin makan-makan atau berteduh, dan sebuah pos jaga dan tiket yang hanya dijaga di hari libur saja. Hanya dibutuhkan kurang dari 10 menit berkendara dari Rancabuaya ke arah timur, anda bisa menemukan gerbang masuk menuju Puncak Guha.

Hati-hati jika sedang menjelajah tempat ini, karena ada sebuah lubang besar menganga, tempat para kelelawar melindungi diri di siang hari. Lubang ini bak sumur raksasa dengan deburan ombak di dasarnya dan kelelawar menggantung di dinding-dinding dan atapnya.

Sepanjang Pesisir Selatan Garut, hampir tidak ada yang bisa mengalahkan view Samudera Indonesia dari Puncak Guha. Jika Travelmate berhasil mendapatkan view sunset Puncak Guha lengkap dengan terbangnya koloni kelelawar keluar dari sarangnya, maka itu patut ditambahkan ke dalam list pengalaman berharga sepanjang hidup.

Cukup kunjungi Puncak Guha dari penginapan romantis anda di Rancabuaya, untuk sunset yang super romantis dan memorable. Jadi, segeralah cari pasangan hidupnya biar bisa segera ber-romantis ria di Puncak Guha, hehe…

***

Dukung terus Jelajah Garut melalui usaha-usaha kecil yang kita jalankan:

Jelajah Garut Merchandise | Jelajah Garut Tour Organizer | Jelajah Garut Outdoor Gear Rental

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This