fbpx

The Kasundan International Pencak Silat Event 2018: Helatan Festival Pencak Silat Akbar di Garut

Tanggal : 22-28 April 2018 Venue : Kabupaten Garut (Graha Liman Kencana, Kawah Talaga Bodas, dll.)

Semenjak nama Kang Cecep Arif Rahman melambung lewat film-film yang dibintanginya sebagai aktor laga sekaligus atlit dan seniman pencak silat, nama Garut pun ikut melambung sebagai daerah asal Kang Cecep yang menghasilkan para pesilat tangguh dan ikut mengembangkan seni bela diri khas Nusantara ini. Nah, tahun ini Garut akan menjamu kalian yang punya minat besar untuk mempelajari Pencak Silat ini lewat acara bertaraf internasional, The Kasundan International Pencak Silat Event 2018.

The Kasundan International Pencak Silat Event 2018

Tanggal : 22-28 April 2018
 Venue : Kabupaten Garut (Graha Liman Kencana, Kawah Talaga Bodas, dll.)

Acara ini terdiri beberapa rangkaian acara selama 7 hari, dari mulai latihan bersama, seminar, workshop, pencak silat festival, hingga kegiatan wisata. Kang Cecep Arif Rahman dari Padepokan Pencak Silat Panglipur di Sucinaraja, Kabupaten Garut, menginisiasi acara yang pesertanya sebagian besar dari luar negeri ini. Melalui Acara The Kasundan International Silat Event 2018 ini, beliau dan tim penyelenggara ingin menjaga tradisi tetap hidup dengan menyematkan tema “Penca Back To Kampung” pada acara ini.  Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk memperkuat ikatan antara anggota organisasi internasional Pencak Silat, serta berkontribusi pada program “Pencak Silat Goes to UNESCO“.

Rencananya, acara yang  digelar selama seminggu ini akan menghadirkan peserta lebih dari 10 negara. Untuk itu, beberapa master pun akan didatangkan untuk mengisi sesi seminar dan workshop, diantaranya  H. Sofyan Nadar dari Bukit Tinggi, yang merupakan master dalam memainkan Pencak Silat dari Sumatera Barat, baik tangan kosong maupun senjata. Ada pula Kang Rafijen dari Maenpo Peupeuhan yang memabawa seni bela diri tradisional Jawa Barat, serta tentunya Kang Cecep sendiri sebagai pesilat tuan rumah yang namanya telah melanglang buana.

Selain itu, bakal ada pula pembahasan yang sangat menarik tentang perkembangan dunia Pencak Silat, diantaranya adalah tentang Filsafat dan Pemahaman Pencak Silat,Pituah Penca”, dengan Guru Gaya Cikalong, H. Azis Asy’arieKang Cecep Arif Rahman pun akan menjadi pembicara untuk pembahasan tentang “Pencak Silat dan Perkembangannya dalam Koreografi Film”. Pasti menarik untuk mengikuti sepak terjang dan pengalaman beliau menduniakan Pencak Silat lewat layar lebar.

Acara ini akan dimeriahkan juga oleh seorang master Pencak Silat Promotor Prancis, Eric Chatelier, yang akan mengisi sesi “Pencak Silat di World Martial Festival”. Beliau juga ternyata merupakan seorang ahli dari sistem Pencak Silat Jawa Timur, Persaudaraan Setia Hati.

Poster the Kasundan International Silat Camp, Garut 22-28 April 2018

Poster the Kasundan International Silat Camp, Garut 22-28 April 2018

Kegiatan Wisata di The Kasundan International Pencak Silat Event 2018

Acara yang akan dilaksanakan di berbagai tempat di Garut ini akan juga sekaligus mempromosikan tempat-tempat wisata di Garut seperti Graha Liman Kencana dan Kawah Talaga Bodas, serta wisata ziarah ke makam Abah Aleh dan Ibu Enny yang merupakan para pendahulu dari Perguruan Silat Panglipur. Malah, salah satu sesi latihan gabungan Pencak Silat akan dilakukan di area Kawah Talaga Bodas. Dijamin epik!!!

Peserta juga akan dibawa berkeliling Garut untuk menikmati suasana kebun teh dan menikmati terapi air panas alami di Kawasan Wisata Cipanas. Untuk melengkapinya, para peserta akan mendapat kesempatan untuk melihat dan mendapatkan dua produk kerajinan paling terkenal dari Garut, yaitu kerajinan kulit dan Batu Akik.

Selain itu, ada juga beberapa sesi yang juga akan sangat menguntungkan pariwisata Garut, seperti sesi makan malam yang akan menghadirkan kuliner khas Garut, seperti Domba Garut, dan Bazaar Tradisional yang akan menghadirkan beragam produk khas Garut dari mulai panganan hingga kerajinan tradisional. Bazaar ini juga akan dimeriahkan oleh Folks Event yang akan menghadirkan kesenian dan budaya lokal.

Diakhir acara, kegiatan ini akan ditutup dengan helaran “International Pencak Silat Festival” yang diharapkan akan menjadi klimaks dari acara ini, dan semakin melambungkan Garut sebagai salah satu pusat perkembangan ilmu bela diri Pencak Silat di dunia.

Jelajahi Garut lebih jauh lewat paket-paket wisata Garut dari Jelajah Garut di tautan ini

Informasi Lebih Lanjut tentang Kasundan International Pencak Silat Event 2018

Untuk mendapatkan info lebih lanjut mengenai acara the Kasundan International Pencak Silat Event 2018 ini kunjungi halaman Facebook penyelenggara di :

https://www.facebook.com/KASUNDANSILATCAMP/

atau hubungi penyelenggara lewat nomor kontak berikut:

Desvian – +62 813-9999-0135
Aditya – +62 813-1010-2272
Ajat – +62 812-9896-8754
Didik – +62 896-8779-3798
Dian – +62 822-4023-5035

***



Dukung terus Jelajah Garut melalui usaha-usaha kecil yang kita jalankan:

Jelajah Garut Merchandise | Jelajah Garut Tour Organizer | Jelajah Garut Outdoor Gear Rental

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This