fbpx

Serunya Open Trip River Tubing Banjarwangi di Garut

Wisata di Garut seakan terus tumbuh dan berkembang antara satu destinasi ke destinasi lainnya yang diawali dengan meningkatnya kunjungan wisatawan dari luar kota Garut maupun dari dalam kota Garut itu sendiri. Destinasi Wisata Garut memang menyediakan berbagai jenis wisata, salah satunya seperti jenis wisata adventure River Tubing di Garut. Buat kalian yang ingin mencoba River Tubing di Garut, berikut ulasan tentang Serunya Open Trip River Tubing Banjarwangi Di Garut yang ditulis oleh salah satu peserta Open Trip kemarin, kang Rury Darmawan, dari Bekasi.

View post on imgur.com

Serunya Open Trip River Tubing Banjarwangi di Garut

Oleh: Rury Darmawan

Menjelajahi Garut Selatan

Destinasi wisata open trip river tubing di Garut berada di Kecamatan Banjarwangi di daerah Garut Selatan, yaitu sekitar 2 jam perjalanan dari kota Garut menggunakan mobil. Selama perjalanan menuju lokasi river tubing Banjarwangi akan melewati gapura desa di alun-alun Cisurupan yang merupakan akses menuju gunung Papandayan. Dari sana, lanjutkan perjalanan hingga melewati hamparan kebun teh Cikajang dengan pemandangan gunung Cikuray di sebelah sisi kiri jalan

Kondisi jalan menuju Banjarwangi sudah cukup baik untuk kendaraan minibus, namun harus berhati-hati karena jalanan berkelok dan sempit terutama setelah turun hujan maka sebagian jalan terkadang terdapat endapan material tanah yang membuat jalan licin untuk pengendara sepeda motor.

View post on imgur.com

Waktu terbaik untuk menuju ke kecamatan Banjarwangi adalah pagi hari menjelang siang karena seringkali cuaca sangat cerah sehingga akan melihat pemandangan alam berupa gunung Cikuray dan hamparan perkebunan sayur dan kebun teh, maupun bentangan awan yang menutupi bukit-bukit.

Memang, pemandangan seperti itu sangat menyenangkan jika dinikmati secara bersama-sama seperti pada saat open trip. Sehingga peserta open trip river tubing Banjarwangi seringkali jadi semakin tidak sabar untuk menikmati aliran Cikangean sebagai sungai yang digunakan untuk river tubing.

Sesampainya peserta open trip river tubing Banjarwangi di lokasi, maka kami pun sejenak meluruskan kaki kami karena terasa pegal dan tidak lama kemudian bersiap untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan kegiatan river tubing. Dengan menggenakan pelampung, sandal trekking dan tentunya juga menggenakan helm keselamatan

Selanjutnya kami semua melanjutkan perjalanan di titik keberangkatan untuk bersiap memulai menjelajahi salah satu sungai di Garut Selatan. Karena sudah melihat dari antusias para peserta semakin tidak sabar akan serunya open trip river tubing Banjarwangi di Garut.

 

View post on imgur.com

Serunya River Tubing di Cikangean

Saat pertama kali melihat sungai (Cikangean), para peserta sepakat sungai ini masih terjaga karena masih terlihat bersih dan jernih. Ternyata peran masyarakat ikut mendukung upaya melestarikan sungai sebagai salah satu upaya untuk menarik minat berkunjung wisatawan ke daerahnya. Karena kondisi pada hari sebelumnya tidak turun hujan maka memang pada umumnya kondisi air sungai akan jernih, lain halnya jika sungai berwarna kecokelatan, itu merupakan faktor alam karena sebelumnya telah turun hujan dan sungai membawa material tanah dari daerah hulu.

View post on imgur.com

Setelah kami memegang tube(ban) masing-masing dan telah diberikan pengarahan oleh instruktur river tubing maka kami melanjutkan kegiatan serunya open trip river tubing Banjarwangi di Garut. Mungkin arti yang tepat untuk kegiatan wisata river tubing adalah menghanyutkan diri mengikuti arus sungai kemana pun air itu mengalir, karena memang seperti itu kami semua dibuatnya oleh arus sungai.

Sesekali kami terbentur, terbentur, dan terbentur oleh bebatuan sungai yang berada di sepanjang aliran sungai, namun kami menjadi berani karena sudah mendapatkan momen keseruannya. Sesekali bahkan ada yang terbalik dari tube yang digunakan hingga terbawa arus sungai, namun karena kesigapan para instruktur yang sudah terlatih, langsung segera mendapatkan para peserta yang terbawa arus tersebut dan kembali menghanyutkan diri kembali menggunakan tube nya. Momen tube terbalik ini alih-alih menakutkan, malah menjadi momen keseruan tersendiri.

View post on imgur.com

Nikmatnya Nge-Liwet di Pinggir Sungai

Sebenarnya kami cukup lelah setelah menghanyutkan diri namun, karena serunya open trip river tubing Banjarwangi di Garut kami serasa semuanya telah melengkapi liburan kami dengan menikmati nge-Liwet di pinggir sungai. Semua peserta bersiap untuk makan siang dengan menu nasi Liwet dengan ngariung (berkumpul mengelilingi makanan), tidak peduli asal usul para peserta open trip, semuanya menyatu bersama satu tujuan yaitu makan siang bersama-sama karena memang kami semua sudah lapar.

Sebagai menu utama kami adalah nasi Liwet masakan khas Sunda asli yang terdiri dari nasi bersantan yang berisikan ikan asin, sayuran, tahu dan tempe, tidak lupa lalapan disertai sambal ulek segar dan semuanya disajikan diatas lembaran daun pisang menjadikan makan siang kami sungguh nikmat, ditambah dengan suasana makan siang di pinggir sungai seakan lelah berkegiatan river tubing Banjarwangi pun hilang.

View post on imgur.com

Setelah kami semua sudah mengisi tenaga kembali dengan serunya nge-Liwet di pinggir sungai bersama-sama, kami kemudian kembali menuju kamar mandi untuk menyudahi kegiatan open trip banjarwangi di Garut. Dengan fasilitas yang sudah cukup baik dari komunitas yang bekerjasama dengan pihak sekolah dan masyarakat setempat, tentunya masih ada keterbatasan fasilitas yang ada seperti, kami harus mengantri dengan para peserta lainnya untuk menggunakan kamar mandi untuk bilas

Tentunya harapan kedepannya adalah adanya peningkatan fasilitas umum untuk mendukung kegiatan wisatawan seperti halnya penyediaan kamar mandi sehingga kenyamanan wisatawan terjaga. Setelah kami semua bersiap untuk kembali ke kantor Jelajah Garut sebagai tempat keberangkatan maupun kepulangan, maka kami harus kembali melalui jalan yang sama seperti pada saat keberangkatan dengan jalan yang berkelok-kelok tentunya disuguhi dengan pemandangan alam khas Garut Selatan yang indah hingga pada akhirnya kami kembali ke tempat masing-masing

View post on imgur.com

Open trip river tubing Banjarwangi yang diselenggarakan oleh Jelajah Garut telah selesai dilakukan oleh para peserta. Jelajah Garut sebagai Tour & Travel Organizer yang bekerja sama dengan komunitas pecinta alam maupun masyarakat Banjarwangi tentunya sangat berterima kasih kepada semua peserta yang sudah menggunakan waktu berliburnya untuk melakukan kegiatan serunya open trip river tubing Banjarwangi di Garut Selatan. Semoga ada keseruan lainnya yang bisa dilakukan bersama kami dikemudian waktu, dan sampai jumpa di lain kesempatan.

***

Open Trip Rivertubing Banjarwangi terdekat akan dilaksanakan pada:

Hari Sabtu, 20 Mei 2017, dan
Minggu, 21 Mei 2017.

Biaya paket: IDR 175000 per orang; include transportasi pp Garut Kota – Banjarwangi
Biaya paket tanpa transportasi: IDR 85000 per orang, meeting point Banjarwangi.

Daftar, langsung hubungi

Call/SMS/WA : 08992688000
PIN BBM : 54F77A33
Official LINE : @jelajah_garut (pakai @)
Email : info@jelajahgarut.com

follow juga instagram @jgtours, penyedia jasa wisata terdepan di Garut

***

View post on imgur.com

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This