fbpx

Rengginang : Kerupuk Nasi Favorit, Teman Santapan Utama

Rengginang

Rengginang

Tak selamanya nasi itu dinanak, nyatanya nasi ini dibikin kerupuk. Rengginang adalah kerupuk yang sangat terkenal di Garut. Rengginang terbuat dari nasi atau beras ketan yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari, lalu digoreng dengan minyak goreng dalam jumlah yang banyak.

Agak berbeda dari jenis kerupuk lain yang umumnya terbuat dari adonan bahan yang dihaluskan seperti tepung tapioka atau tumbukan biji melinjo, rengginang tidak dihancurkan sehingga bentuk butiran nasi atau ketannya masih tampak. Malah seringkali rengginang dibuat dari nasi sisa yang tak termakan, lalu dijemur dan dikeringkan untuk kemudian digoreng dan dijadikan rengginang.

Rengginang biasanya dijual sebagai kerupuk mentah, sehingga harus digoreng terlebih dahulu. Seperti fungsi kerupuk pada umumnya, rengginang juga enak dimakan sebagai teman santapan utama. Nasi dan sayur akan sangat nikmat jika ditemani rengginang.

Di Jawa Tengah juga dikenal penganan yang sama yang disebut intip, yakni kerak nasi sisa menanak yang melekat pada dandang yang kemudian dikeringkan dan digoreng. Perbedaan antara intip dan rengginang hanya ukurannya. Intip berukuran lebih besar daripada rengginang karena dicetak dari dandang atau periuk penanak nasi.

Rengginang dapat digoreng tanpa diberi bumbu maupun rasa, asin atau manis. Ada jenis rengginang yang diberi rasa dengan udang, terasi, atau kerang lorjuk (kerang bambu).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This