Akses Menuju Kawasan Wisata Rancabuaya via Garut-Bungbulang

Exclusive Report: Kawasan Wisata Rancabuaya

Jika kalian ingin Rute alternatif untuk menuju Kawasan Wisata Rancabuaya dengan jalur yang didominasi pedesaan dan alam yang masih sangat asri, kalian harus mencoba jalur Rancabuaya via Garut-Bungbulang. Jarak yang ditempuh melalui jalur ini relatif lebih pendek, namun kondisi jalan tidak sebagus jalur Pameungpeuk, sehingga kemungkinan besar waktu perjalanan akan menjadi lebih lama. Walaupun demikian, destinasi-destinasi unik di sepanjang perjalanan melalui jalur ini akan menggoda kalian untuk mencobanya, terutama kalian yang memiliki jiwa petualang.

Kalian bisa bermalam di Garut dan mengunjungi destinasi-destinasi wisata di Garut, sebelum berangkat menuju Kawasan Wisata Rancabuaya melalui jalur ini. Berangkatlah dari Garut menuju Cikajang searah dengan jalur Pameungpeuk. Tentu kalian juga akan melewati jalur yang sama yang diapit Gunung Cikuray dan Gunung Papandayan. Nah, ketika kalian tiba di Pertigaan Papanggungan, pastikan kalian belok ke kanan untuk masuk ke jalur Rancabuaya via Garut-Bungbulang ini. Tidak lama, kalian akan melewati Curug Orok di sebelah kiri kalian.

Curug Orok

Jalur Rancabuaya via Garut-Bungbulang ini masih relatif jarang dilalui oleh wisatawan karena jalan yang relatif sempit dan berkelok-kelok, serta kualitas jalan yang tidak sebagus rute Pameungpeuk. Namun demikian, rute ini menawarkan banyak destinasi wisata yang eksotis dan anti-mainstream, seperti Curug Sanghyang Taraje di Kec. Pamulihan. Kalian tinggal belok ke kanan dulu sekitar 8 km di pertigaan menuju Pamulihan.

Curug Sanghyang Taraje, Pamulihan

Dari pertigaan Pamulihan ini, kalian harus mengambil arah lurus menuju Bungbulang. Ketika memasuki daerah Bungbulang, kalian akan menemui jalan yang agak rusak dan berlubang, jadi kalian harus hati-hati. Namun jangan sampai kalian melewatkan banyak sekali pemandangan alam yang luar biasa di sepanjang jalur ini. Dari mulai Sungai Cikandang yang eksotis, Gunung Wayang yang sangat masif, hingga Leuwi Jurig yang mistis namun sangat instagrammable.

Gunung Wayang akan segera kalian lihat ketika kalian memasuki Kecamatan Bungbulang. Walaupun dinamai gunung, tapi objek sebenarnya adalah sebuah batu yang sangat besar, bahkan melebihi ukuran Batu Tumpang. Tidak jarang juga dinding batu besar ini dijadikan destinasi panjat tebing bagi para pemanjat.

Gunung Wayang di jalur Rancabuaya via Garut-Bungbulang

Tidak jauh dari Gunung Wayang, kalian akan melewati sebuah jembatan yang bernama Sasak Rupit. Nah, dari atas mungkin kalian tidak akan menyadari dinding batu yang menopang jembatan ini. Dinding batu ini jadi sangat unik jika dilihat dari sisi yang lain. Tempat inilah yang dinamai Leuwi Jurig. Masuklah ke jalan seudah jembatan ini di sebelah kiri, lalu ikuti jalan setapaknya. Nah, walaupun sungai ini sangat mengundang untuk dipakai berenang, kita tidak menganjurkannya yah. Sungai ini masih dihuni oleh hewan-hewan liar seperti biawak. Kita juga sarankan untuk tidak berlama-lama di lokasi ini.

Leuwi Jurig, Rupit, Bungbulang

Dari jembatan ini, kalian tinggal terus ikuti jalan utama. Kalian akan menemukan sebuah pertigaan di Kecamatan Bungbulang. Belokan ke kiri akan membawa kalian langsung ke Pantai Cijayana, sedangkan jalan lurus akan membawa kalian ke pertigaan Sukarme-Cisewu. Kedua jalan ini bisa kalian tempuh untuk mencapai Rancabuaya, namun jalur belok menuju Pantai Cijayana relatif lebih dekat.

Oh ya, kalau lewat jalur ini, jangan lupa beli wajit dan opak khas Bungbulang yah.

Data, Jalur Rancabuaya via Garut-Bungbulang

Jarak: Garut Kota – Cikajang – Bungbulang – Rancabuaya: sekitar 98,6 km.

Kondisi jalan sudah 75% mulus. Jalan rusak di daerah Pakenjeng dan Bungbulang, sekitar 25 km. Lebar jalan cukup untuk 2 mobil kecil. Menjelang malam di musim penghujan seringkali turun kabut yang mengurangi jarak pandang. Jalan berkelok-kelok dengan tanjakan dan turunan curam. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima.

Destinasi wisata yang terlewati:

Fasilitas Umum di rute ini:

• SPBU terakhir di Kec. Cisurupan, atau di Kec. Cikajang berbelok ke kiri sedikit setelah Pertigaan Papanggungan. Pom mini sudah cukup banyak di sepanjang perjalanan.
  • Rumah Makan banyak ditemukan di sekitar Bungbulang dan Cisurupan,
  • ATM bisa ditemukan di Kec. Bungbulang
  • Money Changer bisa ditemukan di Garut Kota
  • Minimarket ada di Bungbulang.