fbpx

Semarak Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di Garut

Dengan membawa ransel gunung, berkendara hingga jauh ke Garut Selatan. Para pemuda-pemudi mengikuti upacara di berbagai titik di Garut. Mereka merayakan HUT RI Ke-73 dengan caranya tersendiri. Masih ada semangat kemerdekaan sembari menikmati alam disana.

Indonesia sedang memperingati perayaan yang sangat dinanti-nanti oleh warga negaranya yaitu Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-73 tahun. Seluruh Indonesia serentak mengisi kemerdekaan dengan berbagai macam kegiatan terutama upacara. Tidak terkecuali di kabupaten Garut terdapat 3 lokasi tempat yang mengadakan kegiatan menyemarakan HUT RI Ke-73. Diantaranya Taman Wisata Alam Gunung Guntur, Tebing Batu Tumpang dan Gunung Bongkok.

Dalam Semarak Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di Garut. Pemuda-pemudi turut menyumbangkan gagasan, tenaga hingga biaya demi mensukseskan acara tersebut. Kemeriahan kegiatan dihadiri para komunitas masyarakat hingga abdi Negara sebagai bentuk kebersamaan. Adapun berbagai macam kegiatan di ketiga tempat upacara 17 Agustus 2018 di Garut sebagai berikut:

 

Taman Wisata Alam Gunung Guntur

Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-73 di Garut (Photo By: @sandibaritasiregar)

Semarak Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-73 di Taman Wisata Alam Gunung Guntur Garut (Photo By: @sandibaritasiregar)

Pasti pernah mengikuti upacara bendera dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia kan?. Nah, di TWA Gunung Guntur juga ada upacara bendera loh. Upacara yang dimulai pada pukul 7 WIB tepatnya di area Pos 3 Gunung Guntur Kabupaten Garut sangatlah ramai.

Peserta didominasi oleh para pendaki baik itu perseorangan, komunitas, organisasi hingga aparat dan pejabat setempat. Tidak hanya upacara bendera tapi terdapat kegiatan seperti sholat jumat berjamaah, istigosah untuk Lombok, dan operasi bersih sampah.

Kegiatan ini menurut Jelajah Garut merupakan wadah bagi masyarakat yang ingin Menyemarakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di Garut. Tidak semua pendaki atau masyarakat bisa mengikuti upacara formal seperti para pegawai negeri atau pejabat. Oleh karenanya, dengan diadakan upacara ini bisa membangkitkan semangat kebangsaan juga.

Selain itu kegiatan di luar ruang yang juga menumbuhkan rasa syukur kepada pencipta karena masih bisa menikmati alam dengan suasana kemerdekaan penuh tanpa khawatir perang seperti dahulu kala. Bermain bersama alam sambil menikmati suasana kemerdekaan yang ke-73 tahun merupakan tujuan para pendaki yang datang ke Gunung Guntur.

Karena upacaranya para pendaki itu anti-mainstream dengan banyaknya pendaki Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di Garut

Menurut informasi petugas tiket BKSDA di pos pendaftaran masuk kawasan Taman Wisata Alam Gunung Guntur . Jumlah pengunjung yang masuk ke kawasan TWA Gunung Guntur mencapai 2.000-an. Karena memang bertepatan dengan liburan panjang, sehingga jumlah pengunjung bisa mencapai angka tersebut.

Adapun berbagai pihak yang sudah berkontribusi sebagai media partner sebagai berikut:
@jelajah_garut @garut_turunankidul @galerigarut_ @sekitargarut @hobbyulingarut_id @wisata_garut @gunungindonesia

@sahabatpendakiindonesia @indonesia_better

Kegiatan ini juga di sponsori oleh :
@north.adventure @ddjabar .

Support :
@colonyscreenprinting @creating_lc @kwarcab.garut @seasoldier_ @kpg_reg_garut @pelataran.adv @pejalanlangkahkecil @id_pendakicilik @generasipendakigarut @berkelanagarut @thegreencokor @karacak_valley

 

Tebing Batu Tumpang

Kemerdekaan Republik Indonesia di Tebing Batu Tumpang Garut (Photo By: @arie_petualang93)

Semarak Kemerdekaan Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-73 di Tebing Batu Tumpang Garut (Photo By: @arie_petualang93)

Upacara 17 Agustus di Garut juga dilaksanakan di Tebing Batu Tumpang Cikajang Garut.. Yang menjadi unik adalah ketika bendera yang digunakan menggunakan media tebing untuk membentangkan bendera raksasa. Bendera dibentangkan pada ketinggian mencapai 75 meter. Pengibar bendera berjumlah 15 orang dari penggiat panjat tebing, TNI, dan Brimob. Panjang bendera yang dibentangkan 120 meter dan lebar 15 meter.

Tepat di bawah tebing Batu Tumpang para peserta mengisi posisi untuk melakukan upacara dan lalu lintas pun ditutup sementara waktu. Masyarakat, komunitas, hingga personel TNI-POLRI juga mengikuti upacara tersebut. Acara dimulai pada pukul 8 WIB hingga selesai masih banyak masyarakat yang menyaksikan bendera yang dibentangkan tersebut.

Pengibaran bendera raksasa di Garut tersebut dilakukan di salah satu obyek wisata Batu Tumpang. Batu Tumpang memiliki daya tarik wisata berupa pemandangan lansekap terbuka berupa perbukitan dan perkebunan. Pada umumnya lokasi tebing Batu Tumpang Garut menjadi tempat singgah sementara sebelum melanjutkan perjalanan menuju Garut Selatan.

Semarak Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di Garut tentunya didukung oleh pihak-pihak yang bekerjasama terdiri dari:

@pengibaran.bendera.raksasa @north.adventure @indonesiaclimbing @yonifraider303kostrad @fpti.garut dan semua Komunitas serta Karang Taruna yang sudah berpartisipasi untuk menyukseskan acara pengibaran bendera raksasa di Batu Tumpang Garut.

Tidak luput juga penyebaran informasi terkait sosialisasi dan pemberitaan kegiatan yaitu:

@pengibaran.bendera.raksasa @metrotv @radargarut @jelajah_garut @galerigarut_ @garutberkabar @potretgarut @kegarutgarutan @garutngahiji @garut_turunankidul @wisata_garut @pangulinan_garut

 

Desa Wisata Karamatwangi

Kemerdekaan Republik Indonesia di Garut (Photo By: @visitkaramatwangi)

Perayaan Semarak Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-73 di Desa Wisata Karamatwangi Garut (Photo By: @visitkaramatwangi)

Nah, ternyata ada yang baru dari wisata di Garut nih Travelmate!. Dalam memeriahkan Semarak Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di Garut, masyarakat di Desa Karamatwangi meresmikan Desa Wisata baru. Sebut saja Desa Wisata Karamatwangi yang berada di Cikajang Garut Jawa Barat ini memiliki obyek wisata seperti Gunung Bongkok dan Curug Keramat.

Menurut komunitas disana, sempat pula pada tahun 2013 Desa Karamatwangi ini dikunjungi oleh Prabowo. Tujuannya yaitu sedang mengunjungi Kampung Cipangramatan tak jauh dari Desa Karamatwangi. Lokasi ini juga dikelilingi oleh perkebunan teh dengan pemandangan lansekap perbukitan yang ada di Garut.

Pada tanggal 17 Agustus 2018 dilakukan upacara 17 Agustus disertai dengan peresmian Desa Wisata Karamatwangi yang diinisiasi oleh berbagai elemen masyarakat khususnya para pemuda-pemudi yang ada di desa tersebut. Ada yang menarik yaitu terdapatnya Gunung Bongkok. Kenapa dinamakan Gunung Bongkok? karena untuk mencapai puncaknya, Travelmate harus menapaki jalan setapak yang cukup terjal hingga membuat punggung kita seperti bongkok.

Upacara yang diadakan dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat dan muspida Garut serta berbagai komunitas yang ada di Garut seperti @jelajah_garut @garut_turunankidul @galerigarut_ @potretgarut @garutkekinian . Tentunya kami mengucapkan selamat dan terima kasih sudah berkolaborasi dalam bentuk apapun juga untuk mendukung Desa Wisata Karamatwangi (@visitkaramatwangi). Tentunya semoga semangat dalam mengenalkan desa nya menjadi desa yang bermanfaat bagi sekitar dan wisatawan juga mendapatkan manfaat yang luas.

Semangat dan semaraknya peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 memang masih bisa kita rasakan di Garut. Berbagai elemen masyarakat ikut serta dalam memperingatinya serta turun langsung bekerja sama mewujudkannya. Harapan kedepannya dari tim Jelajah Garut adalah semakin banyak dan beragam pemuda-pemudi yang mampu menghasilkan dan menjual karya-karya terbaik untuk kepentingan bersama. Sehingga diharapkan masyarakat di Garut menjadi lebih bersyukur atas apa yang dimilikinya.

Sekali Merdeka Tetap Merdeka! Semangat Berkarya dan Berjuang Demi Kebaikan Sesama!

 

MERDEKA!!!

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This