fbpx

Pantai Sayang Heulang : Bentangan Pantai Untuk Wisata Keluarga

Jika Travelmate mengunjungi Pesisir Selatan, dari arah Cikajang, Garut, pintu masuk Pantai Sayang Heulang adalah yang pertama yang bakal ditemui. Mungkin karena itu juga Pantai Sayang Heulang bisa berkembang lebih maju diantara pantai-pantai lainnya.

Sudah terdapat cukup banyak fasilitas umum di sini. Penginapan kelas melati dengan harga yang merentang dari 100ribu hingga 300ribu, terletak tepat di tepi pantai. Juga warung-warung dan rumah makan seafood bisa dengan mudah ditemukan. Membuat Sayang Heulang memang cocok untuk membawa keluarga bersantai di tepi pantai sembari menikmati bakar ikan kakap merah, nyummy…

Ikutan Pre Order T-Shirt Seri Garut Selatan, klik disini.

Di pagi menuju siang hari, lautan surut, menampakkan hamparan karang yang sangat luas. Ketika lautan mulai surut, ombak mengecil sehingga anak-anak bisa bermain ombak dan pasir dengan cukup aman. Di sore hingga malam hari, ketika cuaca mulai sejuk, Travelmate harus segera mencari ikan bakar dan menempati saung-saung yang disediakan. Suasana pesisir, ketika matahari tenggelam, plus pesta ikan bakar sambal kecap bersama keluarga atau teman-teman adalah yang terbaik di Pantai Sayang Heulang.

Di hari-hari libur, Pantai Sayang Heulang biasanya cukup ramai oleh pengunjung. Bahkan di hari libur seperti Tahun Baru atau Idul Fitri, Sayang Heulang bisa dipadati pengunjung sehingga harga penginapan bisa naik hingga 2 atau 3 kali lipat.

Sayang Heulang, yang secara harfiah berarti Sarang Kelelawar, terletak di ujung Kecamatan Pameungpeuk. Dibatasi oleh sebuah sungai yang bernama Cilauteureun. Cilauteureun, yang berarti air laut yang berhenti, memang sebuah fenomena menarik, dimana air laut malah turun ke sungai, bukannya sebaliknya.

Di ujung Sayang Heulang anda sebenarnya bisa menyeberangi Sungai Cilauteureun ke Pulau Santolo, yang berada di Kecamatan Cikelet, dengan menggunakan sebuah jembatan gantung. Sayangnya, kondisi jembatan ini agak rusak, sehingga untuk menyeberang ke Pulau Santolo tetap harus menggunakan perahu kecil dari Pantai Santolo.

Butuh waktu setengah hari untuk berjalan melintasi Pantai Sayang Heulang. Pantai ini terbentang sejauh 2 km, dan dengan lebar pantai sekitar 50 m. Dalam bentangan ini terdapat lapangan sepak bola dan lapangan voli pantai bagi wisatawan yang menyukai olah raga pantai. Jadi jangan lupa bawa bolanya.

***

Dukung terus Jelajah Garut melalui usaha-usaha kecil yang kita jalankan:

Jelajah Garut Merchandise | Jelajah Garut Tour Organizer | Jelajah Garut Outdoor Gear Rental

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This