fbpx

Babad Godog : Harta Naskah Kuno Garut

Babad Godog adalah sebuah naskah yang berisi cerita tentang seorang tokoh bernama Keyan Santang. Naskah ini terdapat di Desa Cangkuang, Leles.

Babad Godog sebenarnya berisikan cerita perjalanan Keyan Santang untuk mencari orang yang dapat mengalahkannya dalam duel. Beliau mendapatkan berita bahwa orang yang bernama Ali di Mekkah bisa mengalahkannya. Setelah menghadapi beberapa rintangan akhirnya beliau bertemu dengan seseorang.

Seseorang itu sebenarnya adalah Ali, tapi saat itu Keyan Santang belum menyadarinya. Ali hanya menyuruh Keyan Santang mencabut tongkatnya yang tertancap di tanah. Namun Keyan Santang tidak sanggup. Setelah mengetahui bahwa itu adalah Ali, beliau pun masuk takluk dengan menyerahkan diri masuk Islam.

Selanjutnya beliau diberi sebuah peti yang dimana peti itu akan menunjukan dimana Ia harus bermukim ketika pulang. Setelah menunjukan tandanya, ternyata tempat itu ialah Godog. Maka di akhir hidupnya Keyan Santang dimakamkan di Makam Godog. (AlArd)

 

***

Dukung terus Jelajah Garut melalui usaha-usaha kecil yang kita jalankan:

Jelajah Garut Merchandise | Jelajah Garut Tour Organizer | Jelajah Garut Outdoor Gear Rental

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This