Writingthon® Jelajah Kota Garut: Kompetisi Writing Marathon dengan Total Hadiah 65 Juta Rupiah

Buat kalian yang suka nulis dan blogging, jangan sampai kelewatan kompetisi menulis tentang Garut, bertajuk Writingthon® Jelajah Kota Garut ini ya. Kompetisi menulis ini sudah resmi dibuka pendaftarannya ya. Kompetisi ini diselenggarakan atas kerjasama dari Bitread, Good News From Indonesia (GNFI) dan Garut Creative Hub; serta didukung oleh berbagai pihak termasuk oleh Pemprov Jabar dan Pemda Kabupaten Garut.

Peserta kompetisi Writingthon® Jelajah Kota Garut ini akan memperebutkan hadiah yang cukup besar dengan total sejumlah 65 juta rupiah untuk 25 pemenang. Dengan hadiah sebesar ini, Bitread menyebut kompetisi ini sebagai kompetisi menulis terbesar dan terunik di Indonesia.

Kompetisi menulis dengan konsep menulis secara maraton, atau writing marathon (Writingthon) adalah sebuah metode yang dikembangkan oleh Bitread. Tujuan dari program ini adalah untuk menghasilkan sebuah buku dengan tema tertentu dalam tempo waktu yang sangat singkat. Sekelompok peserta akan dikumpulkan dalam sebuah program karantina untuk bersama-sama menghasilkan sebuah buku dalam jangka waktu yang terbatas. Peserta-peserta tersebut sebelumnya mengikuti proses seleksi terlebih dahulu dengan mengirimkan sebuah karya tulis. Peserta yang lolos seleksi itulah yang akan dikumpulkan dalam program karantina.

Kompetisi menulis ini akan mengusung beberapa tema seputar ragam pesona dan potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Garut. Khusus untuk kompetisi Writingthon® Jelajah Kota Garut ini, kategori yang  
diangkat adalah kuliner, wisata, budaya, kesenian, bisnis, sejarah, dan gaya hidup. Seluruh informasi ini akan dituangkan dalam bentuk tulisan dan visual, untuk kemudian dibukukan dan dipublikasikan secara luas ke masyarakat.

Nah, sudah siap untuk mengikuti kompetisi ini? Catat informasi-informasi penting di bawah ini ya biar kalian ngga ketinggalan.

Writingthon Jelajah Kota Garut
Writingthon Jelajah Kota Garut

Timeline Kompetisi Writingthon® Jelajah Kota Garut

Buat kalian yang mau daftar, catat tanggal-tanggal penting ini dari kompetisi Writingthon® Jelajah Kota Garut ini ya.

Pendaftaran dan Seleksi: 24 September hingga 22 Oktober 2019

Pengumuman Peserta Karantina: 29 Oktober 2019

Karantina: 4 sampai 6 November 2019

Penerbitan Buku: Desember 2019

Persyaratan Peserta Kompetisi Writingthon® Jelajah Kota Garut

Berikut adalah persyaratan peserta kompetisi Writingthon® Jelajah Kota Garut :

  1. Usia peserta minimal 19 tahun dan maksimal 50 tahun. Peserta sehat secara jasmani dan rohani, serta tidak memiliki riwayat penyakit berat sehingga
  2. Peserta diwajibkan membuat tulisan (artikel/feature) mengenai tema yang sudah ditentukan
  3. Peserta diwajibkan untuk mempublikasikan tulisannya di blog atau laman facebook
  4. Peserta mengisi formulir pendaftaran melalui halaman bit.ly/WRITINGTHON
  5. Salin link tulisan yang telah dipublikasikan pada form pendaftaran untuk dinilai oleh panitia
  6. Peserta wajib mengikuti akun instagram bitread @bitread_id dan @bitread_academy
  7. Bersedia mengikuti rangkaian kegiatan karantina Writingthon selama 3 hari di Garut pada bulan November (peserta terpilih akan dibekali surat izin resmi untuk mengikuti kegiatan)

Ketentuan Tulisan Writingthon® Jelajah Kota Garut

Berikut adalah ketentuan tulisan yang dapat dikirim untuk mengikuti kompetisi Writingthon® Jelajah Kota Garut :

  1. Peserta wajib memilih satu sub tema/kategori
  2. Tulisan yang dikirimkan merupakan karya orisinal, bukan plagiat atau saduran
  3. Tulisan tidak sedang diikutsertakan pada perlombaan lain
  4. Tulisan yang dikirimkan harus mencantumkan sumber rujukan atau referensi
  5. Tulisan yang diikutsertakan dalam kompetisi merupakan tanggung jawab peserta. Panitia tidak melayani segala bentuk tuntutan dari pihak manapun sehubungan dengan obyek gambar atau tulisan yang digunakan oleh peserta.
  6. Tulisan dibuat dengan gaya feature dalam bahasa Indonesia yang baik tetatpi tetap mempertahankan kualitas informasi yang disajikan
  7. Panjang artikel 1.500 sampai 2.000 kata. Dapat disertai ilustrasi berupa foto atau grafis yang langsung di paste ke dalam teks.

Untuk berpartisipasi dalam kompetisi ini, para peserta tinggal mengunjungi tautan berikut ini, dan mengisi form pendaftaran:

Bit.ly/WRITINGTHON

Informasi lebih lanjut bisa kontak narahubung di bawah ini:

Email : info@bitread.co.id
Telepon: 0838-9079-0002 (WhatsApp Only)

Ayo segera daftarkan diri kalian, jangan sampai kelewatan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This