fbpx

Nyaneut Festival

IMG_6080

Nyaneut di Palabuhan Bulan, Citarasa Kebudayaan Garut.

Setelah sukses dengan Nyaneut di Palabuhan Bulan di tahun lalu, tradisi Nyaneut kembali digalakan, kini dengan konsep yang lebih meriah dengan nama Nyaneut Festival. Tradisi Nyaneut ini berarti menikmati teh khas Garut dibawah atap langit sambil menonton kesenian tradisional. Desa Cigedug, Cikajang, kembali menjadi tuan rumah festival yang memasuki tahun ke 2 ini.

Festival ini diselenggarakan bertepatan dengan tahun baru Islam, sehingga nuansa islami begitu terasa sejak awal acara. Obor-obor mulai dinyalakan, anak-anak bertakbir sambil longmarch dengan keliling desa. Semua anak-anak bersemangat dalam menyambut festival ini.

Nyaneut, sebuah tradisi leluhur Sunda yang sempat hilang, kini mulai digeliatkan lagi oleh masyarakat Cigedug; diprakarsai oleh pemuda asli Cigedug, kang Dasep Badrussalam. Konsep Festival kali ini cukup berbeda dengan acara tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya prosesi acara dimulai sejak pagi hari, tahun ini acara difokuskan di malam hari sehingga terasa lebih meriah.

Acara ini dihadiri para budayawan, komunitas, perusahaan perjalanan, serta masyarakat sekitar. Konsep acara dengan lampion menambah keindahan malam hari itu. Acara ini juga dihadiri oleh Bupati Garut serta bintang tamu dari Purwakarta, yaitu Bupati Dedi Mulyadi yang bertindak sebagai “Ki Dalang”. Tarian-tarian tradisional tak lupa ikut serta dalam memeriahkan festival ini, termasuk tarian Prabu Siliwangi.

Kang Dedi, sapaan akrab Bupati Purwakarta ini, berpesan kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat Sunda agar bangkit dan berani menuangkan kreatifitas. Tidak boleh sungkan dan malu. Selain itu, Kang Dedi juga berpesan agar senantiasa kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan, terutama gunung, karena menurut beliau, masyarakat Sunda itu hidupnya bergantung kepada gunung-gunung.

Dibalut dengan cuaca dingin, Kang Dedi juga berpesan agar pemimpin di Indonesia, khususnya Garut, harus berbuat adil dan mengabdi untuk masyarakat.

Jalannya festival ini juga dimeriahkan oleh comedian sunda, Ohang. Ohang sukses menghibur masyarakat Cigedug dengan tingkah polahnya yang lucu. Sehingga gelak tawa warga tak berhenti.

Penasaran gimana meriahnya Festival Nyaneut tahun ini kan? Nah, tahun ini Nyaneut Festival akan kembali diselenggarakan di lokasi yang sama, di Lapangan Situgede, Cigedug, Hari Sabtu tanggal 1 Oktober 2016. Ayo ikut Nyaneut Festival tahun ini bersama Jelajah Garut. Segera daftarkan diri kalian ke nomor kontak di bawah ini:

SMS/WA: 08992688000
BBM: 54F77A33
Line: @jelajah_garut

Keep Discover Garut, Preanger Paradise!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This