fbpx

Kampung Kurma

Tahukah kamu Travelmate, di Garut ada Kampung Kurma lho! Eiiits… ini bukan kampung yang banyak ditumbuhi pohon kurma, tapi kampung yang sebagian besar warganya beralih profesi menjadi pedagang kurma pada saat bulan Ramadhan tiba.

Kampung ini terletak di Kampung Talun, Bratayudha, Garut. Ketika Ramadhan tiba, warga yang sehari-hari berprofesi sebagai pedagang mie, sol sepatu, hingga buruh bangunan, semuanya beralih profesi menjadi penjual kurma. Mereka juga kembali ke profesi semula ketika Ramadhan berakhir.

Kurma yang dijual warga Kampung Talun ini sebagian besar berasal dari Irak, Iran, dan Mesir yang mereka beli dari salah seorang bandar kurma di Bandung. Orang yang pertama kali berjualan kurma di kampung ini adalah Abah Adam yang kini sudah lanjut usia. Dulu Abah Adam menjual kurmanya sendiri dan diteruskan oleh anak-anaknya. Tradisi ini kemudian diikuti oleh sebagian besar warga Kampung Talun. Hmmm… Unik juga ternyata!

***

Dukung terus Jelajah Garut melalui usaha-usaha kecil yang kita jalankan:

Jelajah Garut Merchandise | Jelajah Garut Tour Organizer | Jelajah Garut Outdoor Gear Rental

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This