Jenis – Jenis Tanduk Domba Garut

Hai Gengs! Pasti udah tau dong domba Garut? Domba yang berasal dari berasal dari keturunan tiga jenis domba, yakni domba lokal Priangan, domba merino asal Spanyol, dan domba kaapstad asal Afrika, ternyata memiliki jenis-jenis tanduk yang berbeda beda lho! Selain digunakan ketika beradu dengan lawan, tanduk ini pun menjadi salah satu tanda “ketampanan” dan “kegagahan” domba Garut. Selain itu, kegagahan tanduk Domba Garut pun menjadi salah satu faktor penilaian ketika Seni Adu Tangkas Domba Garut.

Kali ini kang mimin mau sharing nih tentang jenis-jenis tanduk Domba Garut menurut Badan Standarisasi Nasional. Here we go gengs!

Tanduk Leang
Tanduk leang ini merupakan tanduk domba Garut yang pertumbuhannya ke samping. Hati-hati nih gengs, nanti kalian bisa kena tanduknya. hahaha. Nih kayak gini nih gengs contohnya :

Sumber : Facebook AdiwijayaFarm

Tanduk Ngabendo
Bentuk tanduk dari pangkal tanduk ke belakang tidak lebih dari satu putaran. Tanduk ngabendo sebagai salah satu bentuk tanduk domba Garut jantan yang diatur pada SNI Domba Garut .

Tanduk Gayor
Bentuk tanduk Domba Garut jantan dengan bentuk tanduk dari pangkal tanduk ke belakang melingkar ke bawah keluar. Tanduk gayor merupakan jenis tanduk yang pada umumnya dimiliki oleh Domba Garut Jantan.

Tanduk Ngagolong Tambang
Bentuk tanduk dari pangkal tanduk ke belakang lebih dari satu putaran. Mungkin dinamakan ngagolong tambang karena ketika pertumbuhannya semakin panjang, mirip lilitan tambang kali ya.. Cmiww!!

So, buat kalian, tanduk yang mana nih yang paling gagah?
Next, kita bakal banyak lagi bahas tentang domba Garut ya gengs!

Sumber foto : @adudombagarut

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This