fbpx

Akar Wangi : Akar yang Menjadi Dollar

Salah satu produk kerajinan akar wangi berbentuk Domba Garut.

Salah satu produk kerajinan akar wangi berbentuk Domba Garut.

Mungkin belum banyak yang mengenal tanaman yang satu ini. Kini, tanaman ini sudah jadi tanaman khas yang menjadi kebanggaan Kota Garut. Akar wangi yang masih satu keluarga dengan serai dan padi ini mempunyai nama ilmiah Vetiveria zizanioide. Menurut para petaninya, tanaman ini hanya bisa ditemukan di beberapa tempat saja di dunia; dan di Indonesia hanya bisa ditemukan di Garut. Tanaman ini kini hanya tumbuh subur di tiga wilayah di dunia, yakni Haiti, Jamaika, dan Indonesia, tepatnya di Garut.

Sebagai penghasil produk akar wangi terbesar di Indonesia, Garut memasok komoditi ini ke seluruh nusantara. Bahkan, minyaknya juga diimpor ke beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Kini, Garut pun menjadi penghasil minyak Akar Wangi terbesar kedua di Dunia.

Pada tahun 1920, budidaya tanaman rumput ini hanya dikenal untuk menghasilkan minyak atsiri, sebagai bahan dasar untuk produksi parfum atau kosmetik. Tanaman ini tak hanya bermanfaat pada bagian akarnya, daun dan batangnya pun bisa dimanfaatkan. Batang akar wangi ini bisa digunakan sebagai bahan baku kerajinan, sementara daunnya bisa diolah menjadi minyak (selain bagian akarnya tentunya).

Kerajinan akar wangi dari Garut ini sangat beragam dan unik. Ada yang dibentuk menyerupai domba, kupu-kupu, orang utan, sampai belalang. Juga ada tudung saji, taplak meja, hingga keranjang payung. Selain bentuknya yang kreatif, semerbak aroma wanginya pun khas dan bisa membuat ruangan menjadi harum.

Saat ini, kerajinan akar wangi sedang gencar-gencarnya membuat model sejadah dan peci yang dikombinasikan dengan batik Garutan sehingga lebih menambah “rasa Garut” nya. Kerajinan yang berbentuk sejadah dan peci ini bisa membidik pasar di Timur Tengah dan menjadi produk ekspor yang sangat laku di pasaran.

Produk kerajinan akar wangi dari Garut ini sekarang telah menjadi salah satu produk oleh-oleh utama dari Garut. Selain menjadi hiasan dan pelengkap ornamen ruang tamu anda, kerajinan ini juga bisa berfungsi sebagai pengusir nyamuk alami.

 

***

Dukung terus Jelajah Garut melalui usaha-usaha kecil yang kita jalankan:

Jelajah Garut Merchandise | Jelajah Garut Tour Organizer | Jelajah Garut Outdoor Gear Rental

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This