fbpx

Super Camp Shurulkhan Nie Syufu Taesyukan 2018

Acara Super Camp perdana dari para pegiat beladiri Syufu Taesyukan di Jawa Barat

Seni olahraga bela diri Syufu Taesyukan sudah cukup populer di kalangan santri, terutama santri pesantren Persatuan Islam (Persis) di seluruh Indonesia. Bahkan kini, Persis memiliki satu lembaga beladiri tersendiri dengan nama Lanah Shurulkhan. Kini Lanah Shurulkhan ini telah berdiri di beberapa kabupaten dan kota di Jawa Barat, tidak terkecuali Garut. Nah, untuk menjalin silaturahmi antar tamid Syufu Taesyukan di Jawa Barat ini, Lanah Shurulkhan berinisiatif menggelar acara Super Camp Shurulkhan Nie Syufu Taesyukan 2018.

Peserta kegiatan ini mencapai 500 orang dari tamid Syufu Taesyukan di berbagai kabupaten kota di Jawa Barat.

Peserta kegiatan ini mencapai 500 orang dari tamid Syufu Taesyukan di berbagai kabupaten kota di Jawa Barat.

Tahun ini, Garut berkesempatan menjadi tuan rumah acara Super Camp Shurulkhan Nie Syufu Taesyukan 2018 ini. Acara ini dilaksanakan di Camping Ground Cibeureum, Samarang, pada akhir pekan kemarin (22-24/6/2018). Antusiasme para pegiat bela diri ini sangat tinggi, terbukti dengan hadirnya sekitar 500 peserta acara dari berbagai daerah di Jawa Barat, seperti Bandung, Tasik, Bogor, Karawang, Depok, Cianjur, dan Sukabumi.

Tujuan utama acara Super Camp ini diadakan adalah untuk menjalin silaturahmi antar tamid Syufu Taesyukan se-Jawa Barat melalui kegiatan berkemah. Aktivitas kemah ini diisi pula kegiatan materi mengenai kesehatan, bahaya terorisme, dan kepedulian terhadap alam. Materi-materi tersebut diberikan diantara kegiatan perkenalan, olah raga, permainan dan kegiatan ibadah. Oleh karena itu, selain silaturahmi, acara ini juga bertujuan untuk membekali anggota dalam menyikapi berbagai kondisi dan situasi yang ada saat ini.

Tidak hanya laki-laki, para perempuan pun banyak juga yang antusias mengikuti acara Super Camp beladiri Syufu Taesyukan ini.

Tidak hanya laki-laki, para perempuan pun banyak juga yang antusias mengikuti acara Super Camp beladiri Syufu Taesyukan ini.

Acara Super Camp Shurulkhan Nie Syufu Taesyukan 2018 ini terbilang sukses dengan animo peserta yang tinggi dan terlaksananya berbagai program yang direncanakan. Oleh karena itu, kegiatan ini rencananya akan digelar lagi tahun depan (2019).

Keseruan Acara Super Camp Shurulkhan Nie Syufu Taesyukan 2018

Super Camp hari pertama: Pembukaan, Materi tentang Bahaya Terorisme, dan Materi Kesehatan

Prosesi pembukaan acara ini dihadiri langsung oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP Persis), K.H. Aceng Zakaria, serta Ketua Pimpinan Daerah Persis Garut, Ustadz Ena Sumpena. Kedua tokoh ormas islam, Persis, ini berkesempatan untuk melihat langsung antusiasme peserta sekaligus membuka acara.

K.H. Aceng Zakaria, Ketua Umum Pimpinan Pusat Persatuan Islam (Persis) membuka acara Super Camp ini.

K.H. Aceng Zakaria, Ketua Umum Pimpinan Pusat Persatuan Islam (Persis) membuka acara Super Camp ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai bahaya terorisme, yang diisi langsung oleh pihak Kepolisian RI. Kemudian dilanjutkan setelah shalat Isya dengan materi mengenai kesehatan dan medis, terutama yang erat kaitannya dengan olahraga beladiri. Materi mengenai kesehatan ini diisi oleh dr. Sartika. Peserta sangat antusias hingga tidak terasa waktu mencapai pukul 10 malam.

Selanjutnya peserta pun menghabiskan malam dengan istirahat di tenda masing-masing yang juga dibantu disediakan oleh Tim Jelajah Garut di divisi Outdoor Gear Rental.

Super Camp hari kedua: Keseruan Acara Super Camp Shurulkhan Nie Syufu Taesyukan 2018

Syufu Taesyukan memang bela diri yang bernafaskan islam, sehingga acaranya pun sarat akan nilai-nilai islam. Para peserta memulai acara sejak fajar dengan menunaikan shalat Subuh berjama’ah yang kemudian dilanjutkan dengan senam pagi. Walaupun udara dingin menusuk, suasana alam yang terasa dekat nan khidmat membuat para peserta khusyuk dan sangat antusias.

Kegiatan Panahan di acara Super Camp Shurulkhan Nie Syufu Taesyukan 2018 di Camping Ground Cibeureum, Samarang, Garut

Kegiatan Panahan di acara Super Camp Shurulkhan Nie Syufu Taesyukan 2018 di Camping Ground Cibeureum, Samarang, Garut

Setelah matahari terbit dan selesai sarapan, kegiatan pun dilanjutkan dengan sesi materi dan permainan, diantaranya materi dan kegiatan panahan serta berbagai game lainnya yang tidak kalah seru, seperti game longer is better dan game tumila the explorer. Selain baik untuk fisik dan kecerdasan, kegiatan game ini juga melatih kekompakan tim dan juga membangun solidaritas dengan keseruannya.

Hari kedua kegiatan Super Camp ini diisi penuh dengan keseruan permainan-permainan ini. Selain untuk memberi kesan acara yang menyenangkan, permainan-permainan ini juga memiliki nilai-nilai yang dapat diambil, seperti kekompakan dan kerjasama, melatih kecerdasan membangun strategi, melatih fisik dalam hal kecepatan dan kekuatan.

Super Camp hari ketiga: Ramah Tamah dan Penutupan

Acara di hari terakhir difokuskan untuk kegiatan santai ramah tamah dan penutupan. Peserta pun pulang dengan berbekal pelajaran serta pengalaman berharga.

Baca juga ulasan acara Super Camp Shurulkhan Nie Syufu Taesyukan 2018 dari website resminya.
Para peserta perempuan di acara Super Camp. Tenda-tenda disediakan oleh Jelajah Garut Outdoor Gear Rental.

Para peserta perempuan di acara Super Camp. Tenda-tenda disediakan oleh Jelajah Garut Outdoor Gear Rental.

***

Camping Ground Cibeureum

Kegiatan Super Camp Shurulkhan Nie Syufu Taesyukan 2018 perdana ini dilaksanakan di area Camping Ground Cibeureum. Tempat yang sering dijadikan area perkemahan akbar ini berada di Kecamatan Samarang, berbatasan dengan Kamojang yang masuk ke Kabupaten Bandung. Oleh karena itu, lokasi ini juga dekat dengan area Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Kamojang dan area geothermal Kamojang.

Baca juga: Paket Wisata Explore Kamojang

Lokasi ini juga dekat dengan beberapa destinasi wisata lain, seperti area Pusat Konservasi Elang Kamojang, Kamojang Ecopark yang cocok untuk hammocking, dan Kebun Mawar Situhapa. Selain itu, di dalam area Cibeureum pun ada sebuah Situ/Danau yang juga sering dikunjungi dan dijadikan tempat berkemah, yaitu Situ Cibeureum. Tidak heran jika lokasi ini menjadi salah satu lokasi favorit untuk berkemah di Garut.

Tampak Atas Area Camping Ground Cibeureum yang mampu menampung acara-acara camping akbar.

Tampak Atas Area Camping Ground Cibeureum yang luasnya mampu menampung acara-acara camping akbar.

Selain tanahnya yang datar dan mengundang untuk berkemah, lokasinya juga dikelilingi pohon pinus yang sangat rindang yang juga akan mengundang para hammockers. Sekeliling lapangan dipagari pepohonan. Suasana alaminya sangat luar biasa menyegarkan. Di sore hari, biasanya kabut tipis turun menyelimuti, membuat suasana dingin menjadi semakin khidmat.

***



Dukung terus Jelajah Garut melalui usaha-usaha kecil yang kita jalankan:

Jelajah Garut Merchandise | Jelajah Garut Tour Organizer | Jelajah Garut Outdoor Gear Rental

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This