fbpx

Sosialisasi dan Edukasi: Kemaritiman, Lingkungan dan Sadar Wisata Bagi Generasi Muda Garut Selatan

“Salam Maritim – Salam Lestari – Salam Pesona Indonesia!!”, sesi-sesi sosialisasi dan edukasi di SMAN 5 Garut, Pameungpeuk, berlangsung sangat aktif dan disambut hangat oleh para siswa generasi muda Garut Selatan tersebut.

Sebagai bentuk kepedulian para pemuda asli Garut, Jelajah Garut berkolaborasi dengan Garut Turunan Kidul beserta Putra Putri Maritim Jawa Barat untuk melakukan kegiatan Sosialisasi dan Edukasi dengan tema Kemaritiman, Lingkungan dan Sadar Wisata Bagi Generasi Muda Garut Selatan. Kegiatan Sosialisasi dan Edukasi tersebut Alhamdulillah sudah berhasil diselenggarakan pada tanggal 4 Februari 2018 yang bertempat di SMAN 5 Garut, Kecamatan Pameumpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Adapun peserta yang menghadiri Sosialisasi dan Edukasi berjumlah 40 siswa/I sebagai perwakilan diantara seluruh siswa/I SMAN 5 Garut tersebut.

 

Para siswa dari SMAN 5 Garut aktif bertanya dan berpendapat dalam sesi sosialisasi edukasi kemaritiman, sadar wisata, lingkungan dan cinta pada kampung halaman.

Para siswa dari SMAN 5 Garut aktif bertanya dan berpendapat dalam sesi sosialisasi edukasi kemaritiman, sadar wisata, lingkungan dan cinta pada kampung halaman.

Pentingnya Kemaritiman Bagi Generasi Muda

Berbagai macam polemik dan tantangan yang ada di sekitar aktivitas kemaritiman haruslah kita mulai untuk menanggapi dan menyelesaikan dengan solusi yang terbaik dan tepat. Seperti halnya rekan-rekan dari Putra Putri Maritim Jawa Barat yang memberikan Sosialisasi dan Edukasi dengan tema Kemaritiman mengenai pentingnya potensi kemaritiman di Garut Selatan bahkan di Indonesia secara keseluruhan. Menurut Kang Ferdy Pratama (@ferdyypratama) dan Kang Irawan Sidik (@irawansidik), Kenapa harus generasi muda Garut Selatan sebagai ujung tombak perubahan? Karena, merekalah yang akan menjadi agen perubahan di bidang kemaritiman di daerah asal maupun di dunia, dan kamu pun juga bisa!.

Karena Indonesia memiliki cita-cita sebagai poros maritim dunia, maka masyarakat harus dibangun pola pikirnya supaya bersama-sama untuk sadar dan peduli akan potensi yang ada. Semuanya bisa dimulai dengan langkah kecil seperti, menjaga kebersihan sumber mata air, sungai, danau, bahkan pesisir laut hingga laut lepas. Maka secara tidak langsung dan jangka panjang tentunya sudah menjadikan kita sebagai penjaga maritim di daerah asal kita. Lalu, jangan lupa berterima kasih kepada sang Pencipta serta berbagai pihak yang hingga saat ini masih menjaga kemaritiman.

“Karena Indonesia memiliki cita-cita sebagai poros maritim dunia, maka masyarakat harus dibangun pola pikirnya supaya bersama-sama untuk sadar dan peduli akan potensi yang ada”.

Sadar Lingkungan di Tanah Kelahiran

Serunya kegiatan Sosialisasi dan Edukasi dengan tema Kemaritiman, Lingkungan dan Sadar Wisata Bagi Generasi Muda Garut Selatan tentunya bagi Garut Turunan Kidul sebagai bentuk pengabdian bagi lingkungan dan tanah kelahirannya sendiri. Kenapa? Karena dari hal kecil dengan berbagi cerita kepada siswa/I SMAN 5 Garut tentang sadar lingkungan di tanah kelahiran. Diharapkan mereka harus membuka kepekaan diri sendiri ternyata di sekitar mereka terdapat berbagai macam potensi sumber daya alam dan manusia yang luar biasa besar.

Baca juga: Exclusive Report, Kawasan Wisata Rancabuaya

Untuk informasi yang perlu kamu ketahui bahwa Kabupaten Garut Jawa Barat memiliki garis pantai terpanjang se-Jawa Barat loh. Panjangnya itu mencapai 80 Kilometer yang terbentang dari timur ke barat dan memiliki kurang lebih 50 nama pantai, dari ujung timur hingga ujung barat, dari Cijeruk hingga Rancabuaya. yang bisa banget kamu kunjungi dan rawat untuk keutuhan masa yang akan datang. Kang Hartas Puji Dirja (@hartasderis ) sebagai pembicara untuk berbagi pengalaman dan edukasi bagi para siswa/I SMAN 5 Pameumpeuk Garut Selatan Jawa Barat, sangat senang bisa bertemu dengan para generasi muda sebagai pelaku sekaligus penentu masa depan Garut Selatan.

“mereka harus membuka kepekaan diri sendiri ternyata di sekitar mereka terdapat berbagai macam potensi sumber daya alam dan manusia yang luar biasa besar”.

Sadar Wisata Dengan Cara Menjadi Wisatawan Yang Bertanggung Jawab

Apa saja sih hal yang perlu kamu lakukan supaya tempat main kamu tetap layak untuk dikunjungi lagi dan lagi?. Yaitu dengan cara sadar wisata terlebih dahulu. Bagaimana caranya?, mudah kok, kamu cukup mengenali lingkungan di sekitar kamu dan menjaganya seperti kamu sudah menjaga rumah dan pekarangan kamu sendiri.

Lalu apa hubungannya antara sadar wisata dengan wisatawan yang bertanggung jawab?. Hubungannya sangat erat sekali, karena sadar wisata saja belum cukup!. Perlu tindakan nyata berupa aksi baik dari diri sendiri maupun dari orang lain secara bersama-sama. Contohnya?, yaitu jadilah wisatawan yang bertanggung jawab terhadap apa yang akan kamu lakukan ketika berada di tempat wisata yang dikunjungi.

Bagaimana caranya menjadi wisatawan yang bertanggung jawab terhadap objek wisata?.

  1. Sadar dan peduli akan lingkungan alam,
  2. Sadar dan peduli akan kearifan dan kebudayaan lokal setempat,
  3. Sadar dan peduli akan kepentingan ekonomi lokal setempat serta,
  4. Sadar dan peduli akan konten yang kamu bagikan di media sosial atau dari mulut ke mulut.

“Jadilah wisatawan yang bertanggung jawab terhadap apa yang akan kamu lakukan ketika berada di tempat wisata yang dikunjungi”.

Nah, semua aspek tersebut harus bisa dipertanggungjawabkan oleh diri sendiri maupun bersama-sama. Jikalau tidak bisa bertanggung jawab, maka wisatawan tak bertanggung jawab adalah panggilan yang cocok untuk kamu!. Seharusnya jika kamu sudah ikutan kegiatan Sosialisasi dan Edukasi dengan tema Kemaritiman, Lingkungan dan Sadar Wisata Bagi Generasi Muda Garut Selatan maka seharusnya kamu sudah bisa menjadi wisatawan yang sadar dan bertanggung jawab atau bahasa kerennya adalah “Be a Responsible Traveller”!

Kang @yfajrin dari Jelajah Garut, bersama perwakilan dari SMAN 5 Garut, setelah sesi edukasi dan sosialisasi Sadar Wisata dan Lingkungan, serta sesi cinta pada kampung halaman dari Garut Turunan Kidul.

Kang @yfajrin dari Jelajah Garut, bersama perwakilan dari SMAN 5 Garut, setelah sesi edukasi dan sosialisasi Sadar Wisata dan Lingkungan, serta sesi cinta pada kampung halaman dari Garut Turunan Kidul.

Undang Kami Supaya Bisa Datang Ke Tempat Kamu!

Sekali lagi terima kasih atas kerja sama nya kepada semua pihak terutama Bapak Wawan Indra Irawan (@wawan_indra_irawan), pihak Guru dan Siswa/I SMAN 5 Pameumpeuk Garut Jawa Barat telah sadar dan peduli terhadap lingkungan kita masing-masing. Dengan adanya sadar dan peduli maka kita sudah sama-sama bersyukur atas apa yang Tuhan YME berikan kepada kita semua.

Jabat erat kepada rekan-rekan @garut_turunankidul @ppmaritimindonesia @ppmaritimjawabarat dan kami  @jelajah_garut  sangat senang bisa berbagi kepada kalian.

“Tanah Kelahiran Kita Tidak Sempurna, tapi Dia Patut Untuk Diperjuangkan” – Hartas Puji Dirja.

Pertahankan sekuat mungkin segala keindahan yang ada, perbaiki sekuat tenaga dan saling bergotong royong untuk perubahan kearah yang positif untuk kelangsungan hidup kita.

Bagi kamu yang ingin tempatnya didatangi dan menjalin kerja sama dengan Jelajah Garut, Garut Turunan Kidul, Putra Putri Maritim segera hubungi kami untuk berbagi di kegiatan Sosialisasi dan Edukasi dengan tema Kemaritiman, Lingkungan dan Sadar Wisata Bagi Generasi Muda.

Sosialisasi dan Edukasi: Kemaritiman, Sadar Wisata, dan Cinta pada Kampung Halaman. Jelajah Garut.

Sosialisasi dan Edukasi: Kemaritiman, Sadar Wisata, dan Cinta pada Kampung Halaman. Jelajah Garut.

Tim dan Narasumber:



***

Dukung terus Jelajah Garut melalui usaha-usaha kecil yang kita jalankan:

Jelajah Garut Merchandise | Jelajah Garut Tour Organizer | Jelajah Garut Outdoor Gear Rental 

***

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This