fbpx

Sodong Bodas

Exclusive Report: Kawasan Wisata Rancabuaya

Sodong Bodas mungkin belum seterkenal pantai lainnya di Kawasan Wisata Rancabuaya, namun tempat ini sangat memungkinkan untuk dikembangkan menjadi destinasi favorit di kawasan ini. Letaknya yang cukup dekat dengan Pantai Rancabuaya adalah salah satu faktor pentingnya. Daya tarik pemandangan alamnya yang eksotis dapat menyaingi bukit tetangganya, Puncak Guha. Selain itu, lahan yang tersedia di sini masih cukup luas sehingga pembangunan dapat dilakukan dengan lebih leluasa.

Jalan penghubung Rancabuaya dan Sodong Bodas

Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Rancabuaya juga telah memiliki rencana untuk memanfaatkan Sodong Bodas agar terintegrasi dengan Pantai Rancabuaya dan Pantai Cidora yang telah terlebih dahulu menjadi perhatian mereka. Saat ini ada jalan yang menghubungkan Pantai Rancabuaya dan Sodong Bodas, namun jalan ini memiliki kecuraman yang cukup tinggi sehingga tidak bisa dilewati semua jenis kendaraan.

Sapi-sapi di bukit Sodong Bodas

Jika kalian membawa kendaraan, kalian bisa masuk lewat jalan utama Jalur Lintas Selatan sekitar 1 km di sebelah timur Pantai Rancabuaya. Jalan masuk kesini ditandai dengan sebuah gapura. Dari jalan ini kalian akan melewati padang rumput luas tempat penggembalaan hewan ternak, serta kebun-kebun palawija milik warga.

Sayangnya, saat ini belum ada fasilitas umum apapun di sini. Saat ini, tempat ini masih berupa kebun-kebun palawija milik warga sekitar. Padahal, seperti Puncak Guha, Sodong Bodas juga berupa bukit yang menjorok langsung ke Samudera Indonesia dan memberikan pemandangan yang juga spektakuler. Kombinasi luasnya Samudera dan ketinggian bukit ini memberikan kesan pemandangan yang megah.

Domba-domba di Sodong Bodas

Di sebelah timur Sodong Bodas, kalian dapat melihat bukit Puncak Guha beserta lubang guha kelelawar tepat di bawahnya. Sementara di sebelah baratnya, ada gugusan karang Pantai Rancabuaya yang unik. Jika cuaca cerah, sunset di tempat ini akan terlihat sebagus di Puncak Guha. Lokasi bukit ini lebih strategis dari Puncak Guha karena terletak lebih dekat ke Pantai Rancabuaya, yang menyediakan penginapan-penginapan untuk bermalam.

 

Anak-anak Penggembala Domba di Sodong Bodas

Selain itu, lansekap rerumputan dan hewan-hewan ternak yang seringkali digembala di sekitar Sodong Bodas juga memberi pemandangan fotografi yang bagus. Pastikan kalian membawa perlengkapan fotografi kalian jika berkunjung ke sini karena banyak sekali elemen yang bisa menjadi daya tarik yang harus ditangkap lensa kalian.

 

Data Sodong Bodas

Nama: Sodong Bodas
Alamat: Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut

Harga Tiket: Rp 5.000,- per orang (harga bisa naik sewaktu-waktu, di hari kerja, biasanya pos tiket tidak dijaga sehingga pengunjung bisa masuk begitu saja)

Kegiatan:

  • Sightseeing
  • Fotografi, daya tarik: bukit yang menjorok ke samudera, pemandangan rerumputan dan hewan ternak (sapi dan domba).

Fasilitas Umum:

View samudera indonesia dari Sodong Bodas

View samudera indonesia dari Sodong Bodas

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This