fbpx

Puncak Guha

Exclusive Report: Kawasan Wisata Rancabuaya

Puncak Guha merupakan sebuah bukit berumput hijau yang menghadap langsung ke Samudera Indonesia, dengan sebuah gua kelelawar tepat ditengah-tengahnya.  Pemandangan Samudera dari Puncak Guha merupakan salah satu yang paling spektakuler di sepanjang Pantai Selatan Garut.

Puncak Guha terletak di antara Kecamatan Caringin dan Kecamatan Mekarmukti, namun secara administratif objek wisata ini masuk ke Kecamatan Bungbulang, tepatnya di Desa Sirnajaya. Letaknya hanya sejauh tiga kilometer saja di sebelah timur Pantai Rancabuaya. Dari Puncak Guha ke sebelah barat dapat terlihat bukit Sodong Bodas yang berbatasan langsung dengan Pantai Rancabuaya.

Puncak Guha

Bukit berumput Puncak Guha ini cukup luas dan di beberapa tempat terdapat luasan yang datar, sehingga dapat digunakan untuk membuka tenda. Beberapa pengunjung memang seringkali mengunjungi objek wisata ini untuk merasakan camping di atas bukit yang langsung menghadap ke Samudera. View matahari terbenam juga bisa mereka nikmati dari tempat ini, sembari langsung menikmati malam dan beristirahat di dalam tenda.

Ketika bangun pagi dari tenda, kalian juga bisa menyaksikan panorama matahari terbit. Matahari terbit di sini akan muncul dari arah daratan. Walaupun demikian, panorama matahari pagi yang mulai menyinari biru nya Samudera juga sangat menarik untuk diabadikan.

Sunrise Puncak Guha

Jika kalian membawa kendaraan, kalian bisa memarkir kendaraan kalian di dekat tenda kalian. Hal ini karena Puncak Guha belum memiliki lahan parkir khusus, sehingga wisatawan bisa memasukkan kendaraannya, baik roda dua maupun roda empat, langsung ke dalam lokasi.

Baca juga: Puncak Guha, Eksotisme Spektakuler Samudera Indonesia

Pengembangan Puncak Guha sebagai destinasi wisata masih terkendala. Saat ini, destinasi wisata ini berada di lahan yang telah dimiliki oleh perorangan sehingga pemerintah tidak bisa leluasa dalam mengembangkan potensi wisatanya. Hal ini dapat dilihat dari perkembangannya dari tahun ke tahun yang terlihat tidak terencana dan terorganisir dengan baik. Alih-alih membuat fasilitas-fasilitas umum penunjang wisatawan, saat ini malah ada sebuah bangunan karaoke yang berdiri di lokasi. Selain itu, pagar-pagar besi yang berkarat dan sampah yang berserakan mengurangi keindahan tempat ini.

Puncak Guha

Puncak Guha

Saat ini sudah ada pihak yang memungut tiket masuk, yaitu sebesar Rp 5.000,- per orang. Jika kalian ingin berkemah, kalian harus membayar biaya mendirikan tenda juga sebesar Rp 25.000,- per tendanya. Bila kalian ingin beristirahat di penginapan, kalian tinggal meluncur sejauh tiga kilometer ke arah barat menuju Pantai Rancabuaya.

 

Data Puncak Guha

Nama: Puncak Guha
Alamat: Desa Sinarjaya, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut

Harga Tiket: Rp 5.000,- per orang (harga bisa naik sewaktu-waktu)

Kegiatan:

  • Sightseeing
  • Fotografi, daya tarik: bukit yang menjorok ke laut, gua kelelawar.

Fasilitas Umum:

  • Belum ada (sedang dibangun)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This