fbpx

Pantai Gunung Geder : Keindahan Pesisir Yang Terlupakan

Hanya beberapa menit dari Santolo ke arah barat, Travelmate akan menemui pintu masuk Pantai Gunung Geder. Diawali dengan sebuah lokasi shelter di punggung bukit yang menghadap ke arah laut.

Terdapat banyak shelter atau saung-saung di sini. Di hari libur, shelter ini seringkali digunakan untuk makan-makan wisatawan lokal, atau untuk sekedar berteduh dan menikmati suasana. Beberapa fasilitas penunjang telah dibuat di sini, seperti toilet, musholla, dan beberapa gedung penjaga, namun kondisinya kurang terawat.

Di hari kerja, pantai ini sepi pengunjung, sehingga loket tiket pun kosong. Bahkan menurut warga sekitar, Pantai Gunung Geder ini hanya ramai di waktu Lebaran saja. Warga juga menuturkan bahwa pengelolaan Pantai ini sudah ditinggalkan bertahun-tahun yang lalu sejak kasus korupsi Bupati tahun 2008. Sayang sekali, mengingat pantai ini sangat berpotensi untuk menjadi kawasan wisata, dan melihat beberapa fasilitas yang telah dibangun sayang jika dibiarkan begitu saja.

Untuk mencapai pantai, kita tinggal mengikuti jalan tangga turun yang telah dibuat dengan cukup baik. Kita kemudian akan melalui sedikit rimbunan. Pantai dapat langsung terlihat sembari menyusuri jalan setapak melalui rimbunan pohon-pohon ketapang dan muara dari arah samping.

Pantai Gunung Geder memiliki keunikan tersendiri, yaitu batuan-batuan khasnya tersebar merata di sepanjang pantai.  Batu-batu kali menonjol secara mencolok menarik pandangan, sementara batu-batu kristal warna-warni yang berukuran lebih kecil memantulkan cahaya matahari menjadi sangat cantik. Pantai ini memang lebih cocok untuk sekedar berjalan menikmati suasana dan pemandangan, sementara untuk beristirahat, shelter-shelter di atas bukit akan lebih nyaman.

Pantai Gunung Geder ini hanya beberapa kilometer saja dari Santolo. Jadi, jika Travelmate berencana menginap di Santolo, tidak ada salahnya juga mengunjungi Pantai Gunung Geder yang jaraknya cukup dekat.

***

Dukung terus Jelajah Garut melalui usaha-usaha kecil yang kita jalankan:

Jelajah Garut Merchandise | Jelajah Garut Tour Organizer | Jelajah Garut Outdoor Gear Rental

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This