fbpx

Pantai Cidora

Exclusive Report: Kawasan Wisata Rancabuaya

Jika ke sebelah timur Pantai Rancabuaya berbatasan dengan Sodong Bodas, maka ke sebelah barat Pantai Rancabuaya berbatasan langsung dengan Pantai Cidora; hanya terpisah oleh sebuah muara karang yang unik. Namun tidak seperti Sodong Bodas yang berupa bukit, pantai ini lebih mirip dengan Pantai Rancabuaya, yaitu berbentuk gugusan karang yang memanjang.

Letaknya yang dekat dengan Rancabuaya juga merupakan kelebihan dari destinasi ini. Jika Pantai Rancabuaya terlalu riuh oleh pengunjung, maka kalian bisa sedikit menepi ke pantai ini untuk menikmati ketenangan. Hampir sama dengan Pantai Rancabuaya, Pantai Cidora ini juga memiliki view sunset yang indah. Ketika air surut di siang hari, gugusan karang menampakkan kolam-kolam air yang memerangkap ikan-ikan kecil.

Muara di Pantai Cidora

Pantai Cidora ini memanjang sekitar 1 km ke arah barat dari Pantai Rancabuaya. Ada villa-villa yang sudah berdiri di sini, dan juga beberapa penginapan dekat dengan Pantai Rancabuaya. Selain masuk lewat pintu Pantai Rancabuaya, kalian juga bisa masuk ke pantai ini melalui pintu di sebelah barat Rancabuaya. Sepanjang pantai ini teduh dengan pohon-pohon kelapa yang menghiasi bibir pantai.

Saat ini, Pantai Cidora juga telah menjadi perhatian Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Rancabuaya. Walaupun demikian, pantai ini masih tidak seramai dan tidak seterkenal Pantai Rancabuaya. Bahkan di hari libur, ketika Pantai Rancabuaya padat pengunjung, Pantai  Cidora biasanya luput dari mata wisatawan, dan hanya dikunjungi sedikit orang saja. Untuk kalian yang lebih menyukai suasana hening dan riuh debur ombak, pantai ini akan sangat cocok untuk dikunjungi.

Pantai Cidora

Pantai Cidora

Pantai ini adalah pantai paling barat yang kini masuk dalam sasaran pengembangan Kawasan Wisata Rancabuaya. Apabila kalian datang dari arah Cidaun, Kabupaten Cianjur, maka pantai ini adalah destinasi wisata pertama yang akan kalian temui. Sedangkan jika kalian datang dari arah Garut, maka pantai ini adalah pantai terakhir di ujung barat Garut.

Nah, siap untuk menjelajah sampai Pantai Cidora?!

 

Data Pantai Cidora

Nama: Pantai Cidora
Alamat: Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut

Harga Tiket: Rp 5.000,- per orang (harga bisa naik sewaktu-waktu)

Kegiatan:

  • Sightseeing
  • Fotografi, daya tarik: gugusan karang dan muara yang unik.

Fasilitas Umum:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This