fbpx

Pantai Cicalobak

Exclusive Report: Kawasan Wisata Rancabuaya

Pantai Cicalobak menawarkan gugusan karang yang unik. Pantai ini merupakan sebuah muara kecil yang airnya langsung turun ke cerukan diantara dua gugusan karang. Gugusan karang ini menahan deburan ombak kencang khas Pantai Selatan Garut. Di cerukan ini air menjadi relatif tenang, sehingga para pemuda lokal kini membuat pengaman dengan menggunakan tali agar wisatawan dapat berenang dengan menggunakan ban-ban pelampung.

Muara kecil Pantai Cicalobak

Di ujung hamparan karang Pantai Cicalobak ini deburan ombak kencang terus menghantam. Sekilas view ini mengingatakan akan Tanah Lot di Bali, namun tanpa pura. Alih-alih Pura, ada saung-saung kecil di ujung karang untuk sekedar berteduh dan menikmati deburan ombak atau melakukan aktivitas fotografi. Gazebo-gazebo yang lebih besar tersedia di pinggiran karang dan bisa digunakan untuk beristirahat atau makan bersama.

Gugusan karang Pantai Cicalobak ini terhubung dengan pantai-pantai lain yang belum terlalu terekspose di Kecamatan Mekarmukti, seperti Karang Tepas, Sodong Parat, dan Karang Walet. Sebelum pantai-pantai ini dikembangkan, kebanyakan bibir pantai ini hanya digunakan untuk memancing oleh warga lokal. Kini masyarakat lokal mulai melirik potensi wisata pantai, seiring dengan meningkatnya kunjungan wisatawan.

View Pantai Cicalobak menjelang malam

Pantai Cicalobak berada di Desa Karangwangi, Kecamatan Mekarmukti. Pantai ini adalah salah satu pantai yang akan segera dikembangkan di Kawasan Wisata Rancabuaya. Ketika artikel ini dibuat, di depan Pantai Cicalobak tengah dibangun sebuah mesjid besar yang bisa digunakan untuk ibadah umat muslim. Menurut penuturan para pemuda di sini, ada beberapa fasilitas lain yang juga akan segera dibangun.

Pantai Cicalobak di siang hari

Para pemuda dari Karang Taruna Desa Karangwangi ini juga sudah mulai mengelola Pantai Cicalobak ini. Diantaranya dengan membuat saung-saung dan mencoba membuat atraksi baru. Walaupun demikian, para pemuda ini masih perlu diberikan pengarahan perihal kesadaran pariwisata; yaitu bahwa industri pariwisata ini sangat bergantung pada hal-hal seperti keramah-tamahan, kebersihan destinasi, dan pengelolaan destinasi secara umum.

Tiket Pantai Cicalobak

Harga tiket untuk masuk ke pantai ini hanya Rp 5.000,- saja per orangnya. Jika inign berenang, kalian bisa menyewa ban-ban pelampung dari pemuda lokal ini. Kalian hanya boleh turun ke air ketika air tidak terlalu surut dan tidak terlalu pasang, sehingga nanti para pemuda dari Karang Taruna ini yang akan memutuskan. Biasanya Pantai Cicalobak ini kini mulai dipadati pengunjung setiap akhir pekan.

Nah, jika kalian berencana pergi ke Kawasan Wisata Rancabuaya, pastikan kalian mengunjungi Pantai Cicalobak ini yah.

Mesjid di depan Pantai Cicalobak

Data Pantai Cicalobak

Nama: Pantai Cicalobak
Alamat: Desa Karangwangi, Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut

Harga Tiket: Rp 5.000,- per orang (harga bisa naik sewaktu-waktu)

Kegiatan:

  • Sightseeing
  • Fotografi, daya tarik: hamparan karang dan deburan ombak,
  • Memancing
  • Jika kondisi air laut sedang memadai, para pemuda karang taruna menyediakan ban-ban untuk berenang, dengan pelindung dan tali.

Fasilitas Umum:

  • WC
  • Mushalla
  • Mesjid besar sedang dibangun
  • Warung-warung kecil
  • Saung-saung lesehan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This