fbpx

Lini Usaha yang Menopang Jelajah Garut

Untuk mendukung pelaksanaan misi-misi Jelajah Garut, kita membuat beberapa lini usaha kecil-kecilan. Profit dari usaha-usaha inilah yang membuat Jelajah Garut bisa terus konsisten melakukan kegiatan-kegiatannya. Oleh karena itu, tim mendeklarasikan diri, bahwa Jelajah Garut adalah sebuah bisnis sosial.

Merchandise, salah satu lini usaha kecil yang menopang kegiatan Jelajah Garut

Merchandise, salah satu lini usaha kecil yang menopang kegiatan Jelajah Garut

Memang dampak yang bisa kita berikan mungkin belum begitu kentara, tapi seiring dengan berkembangnya lini usaha Jelajah Garut, berkembang pula skala dampak yang coba kita buat untuk pembangunan pariwisata Garut. Tim berharap, kedepannya Jelajah Garut bisa memberikan kontribusi yang lebih besar untuk Garut.

Untuk itu, kita juga berusaha terus mengembangkan lini-lini usaha yang kita miliki. Berikut adalah beberapa lini usaha kecil yang kita jalankan.

Lini Usaha Jelajah Garut

Jelajah Garut Outdoor Gear Rental

Rental Outdoor Gear adalah usaha pertama yang kita buat. Berawal dari meningkatnya para pendaki Papandayan, Guntur, dan Cikuray, yang tidak jarang membutuhkan peralatan pendakian. Peralatan pendakian memang terbilang mahal, terutama untuk kalangan pelajar atau mahasiswa. Padahal kegiatan pendakian yang mereka lakukan tidak begitu sering. Oleh karena itu, rental outdoor gear adalah solusi dari kebutuhan ini.

View post on imgur.com

Dengan modal meminjam ke orang tua, kita mulai membuka usaha ini tahun 2014. Tidak disangka, usaha ini mendapat sambutan positif dari rekan-rekan pendaki. Para pelajar Garut yang hobi berkemah juga sering menyewa peralatannya ke Jelajah Garut.  Walaupun demikian, usaha ini bukan berarti tanpa jatuh bangun. Beberapa tantangan seperti menurunnya omzet ketika bulan Ramadan, atau ketika tiket Papandayan naik berkali-kali lipat, sempat memukul keras usaha kecil ini. Namun demikian, kita tetap bertahan.

Kini, Rental Outdoor Gear milik Jelajah Garut ini adalah yang terbesar dan terlengkap di Garut. Jika kalian ingin berkemah di Garut, tidak usah repot membawa banyak peralatan (apalagi hingga membeli), cukup sewa saja di Jelajah Garut. Untuk pricelist-nya, bisa diperoleh di tautan ini ya.

Lihat juga galeri Outdoor Gear Rental Jelajah Garut di tautan ini.

Jelajah Garut Merchandise

Berawal dari skema kaos pre order (pesan dan bayar dulu, baru produksi), kita membuat kaos-kaos Garut yang unik. Memang, awalnya kita memakai skema pre order karena tidak adanya modal. Namun demikian, kita punya tim yang solid dalam hal desain visual dan brainstorming ide untuk kaos.

View post on imgur.com

Kaos-kaos yang kita buat mendapat respon positif dari masyarakat. Oleh karena itu, kita sepakat untuk memproduksi merchandise Jelajah Garut ini dengan skala lebih besar. Tidak hanya kaos, kita juga memproduksi pernak-pernik seperti gantungan kunci, gelang karet, emblem, dan stiker.

Saat ini, lini usaha ini masih belum berjalan maksimal karena berbagai kendala. Profit yang diperoleh pun belum bisa banyak membantu mendukung misi-misi Jelajah Garut. Namun demikian, dengan sumber daya yang kita miliki, kita optimis dapat membangun brand merchandise Garut yang tidak kalah keren seperti brand-brand merchandise khas di kota yang lain, seperti Dagadu dan Joger.

Lihat galeri kaos-kaos Jelajah Garut di tautan ini.

Jelajah Garut Tour Organizer

Jelajah Garut sudah cukup lama menyediakan paket-paket wisata di Garut, juga sudah cukup berpengalaman mengantar tamu-tamu wisatawan, baik lokal maupun asing. Ketika kita membuat banyak konten kreatif, menyediakan banyak informasi, dan memasarkan destinasi-destinasi wisata di Garut, ada konsekuensi logis yang kita terima secara tidak langsung, yaitu kita kemudian dipercaya oleh calon-calon wisatawan untuk mengatur rencana perjalanan mereka ke Garut.

View post on imgur.com

Oleh karena itu, kita pun membuat lini usaha khusus untuk memenuhi kebutuhan wisatawan dalam hal ini, yaitu usaha Trip Organizer. Sejak tahun 2014, kita sudah menyelenggarakan banyak sekali trip di Garut, membawa tamu dari berbagai latar belakang; dari mulai artis, hingga pejabat pemerintahan; juga tamu dari berbagai daerah, dari mulai wisatawan dari Eropa hingga orang-orang Garut yang belum mengenal Garut. Juga mengantar ke lokasi wisata yang terkenal maupun yang masih tersembunyi, dari mulai Gunung Papandayan, hingga Curug Jaga Pati di pelosok Kecamatan Cisompet.

Walaupun demikian, lini usaha kecil ini juga masih harus dioptimalkan. Pariwista Garut memang belum semaju Jogja atau Bandung, baik dari segi infrastruktur maupun service dan kesadaran wisata masyarakat. Hal ini seringkali membuat kita kesulitan dalam mengemas rencana perjalanan yang menarik  bagi wisatawan. Perlu usaha lebih dari semua stakeholder kepariwisataan di Garut untuk mengembalikan kejayaan Garut di masa lampau sebagai destinasi wisata favorit di Indonesia.

View post on imgur.com

Nah, jika kalian tertarik untuk mengunjungi Garut, berkegiatan di Garut seperti gathering, outing, ataupun study tour, atau ingin bertualang menjelajahi Garut, langsung saja hubungi kita.

Lihat juga galeri Jelajah Garut Tour Organizer.

***

Laporan Khusus Hari Jadi Jelajah Garut yang Ketiga:

–> Siapa Saja di Balik Jelajah Garut?

–> Misi Memperkenalkan Garut pada Dunia

–> Misi Sosial dan Lingkungan dari Jelajah Garut

–> Usaha Kecil yang Menopang Jelajah Garut

–> Keikut-sertaan Jelajah Garut di Event Nasional

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This