fbpx

Gagahnya Domba Garut di Acara Jambore Peternakan Nasional 2017 di Cibubur

Setelah tahun lalu sukses menyelenggarakan acara kontes kambing dan domba di Istana Bogor. Kemarin pada tanggal 22-24 September 2017, Kantor Staf Presiden bekerja sama dengan Kementrian Pertanian (Kementan) serta Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) telah sukses menyelenggarakan Jambore Peternakan Nasional 2017. Acara Jambore Peternakan Nasional 2017 diadakan di Bumi Perkemahan dan Taman Wisata Cibubur.

Tujuan diadakannya Jambore Peternakan Nasional 2017 adalah untuk menjadi wadah konsolidasi antar pelaku usaha peternakan dalam mendukung program pembangunan peternakan dan kesehatan hewan. Selain misi utama itu tersebut, ternyata animo masyarakat menonton acara tersebut sangat antusias. Selain karena Presiden Republik Indonesia Jokowi turut hadir, ada 1200 peternak dan pelaku usaha hadir serta pemecahan rekor MURI makan bersama 100 ekor kambing guling.

Kontes Ternak Domba, Kambing dan Seni Ketangkasan Domba Garut

Suksesnya Acara Jambore Peternakan Nasional 2017

Poster Acara : Suksesnya Acara Jambore Peternakan Nasional 2017

Selain pameran ternak oleh peternak sapi, domba, kambing, ayam lokal, itik dan kelinci. Acara kesenian ketangkasan Domba Garut merupakan salah satu kebudayaan masyarakat Garut menjadi daya tarik utama dalam Suksesnya Acara Jambore Peternakan Nasional 2017.

Pameran lainnya seperti pameran peternakan yang menghadirkan beragam industri pengolahan hasil peternakan, industri obat hewan, industri hewan, industri pakan, industri kerajaan hasil peternakan, perbankan hingga asuransi maupun festival kuliner tentunya. Terdapat juga penobatan penghargaan Anugerah Bakti Peternakan sebagai bentuk apresiasi kepada para pelaku peternakan.

Seni ketangkasan Domba Garut

Domba Garut sudah sangat memiliki ciri khas dikalangan penggiat peternakan. Terbukti dalam Acara Jambore Peternakan Nasional 2017 Sabtu 23 September di Cibubur, menjadi acara yang paling diminati oleh para peserta dan masyarakat yang hadir. Domba Garut sudah sangat eksis karena hingga kini masih terus melestarikan kesenian ketangkasan Domba Garut di beberapa daerah di Garut.

Selain ketangkasan Domba Garut Jawa Barat, produk olahan turunannya seperti susu, kulit, daging dan olahan lainnya masih diminati oleh penggemarnya. Salah satunya adalah produk olahan kulit Domba Garut yang sampai saat ini menjadi incaran penyuka kulit sebagai pelengkap kebutuhan fashion. Sedangkan kuliner di Garut yang menyajikan olahan masakan daging Domba sangat diminati seperti di sop H. Achri yang menyajikan makanan khas di Garut.

Mempromosikan Pariwisata Garut

Ternyata dengan ikut berpartisipasinya para pelaku penggiat peternakan di Garut pada Acara Jambore peternakan Nasional 2017 di Cibubur tersebut. Secara tidak langsung ikut serta dalam mempromosikan Kabupaten Garut Jawa Barat. Baik dari segi mempromosikan pariwisata di Garut, mempromosikan kesenian di garut, mempromosikan kebudayaan di Garut, maupun mempromosikan kuliner di Garut hingga mempromosikan kerajinan di Garut.

Diharapkan dengan adanya acara Jambore Peternakan nasional 2017 tersebut, masyarakat luas di Indonesia maupun Mancanegara semakin kenal lebih dalam Kabupaten Garut. Bagaimana keramah-tamahan masyarakat di Garut itu sendiri. Para pelaku peternakan ditantang untuk memupuk kebersamaan dan konsistensi dalam membuat dan mempromosikan kegiatan seperti ini.

Semoga dalam semua rangkaian Suksesnya Acara Jambore Peternakan Nasional 2017 di Cibubur Jakarta Timur kemarin. Semakin membuat kebersamaan untuk bangga menjadi peternak Indonesia dan terus konsisten dalam semangat menjaga produk-produk yang berkualitas bagi kebutuhan semua masyarakat Indonesia pada umumnya.

Semakin banyak orang mengenal potensi dan memanfaatkan potensi tersebut secara baik, maka bukannya mustahil kita bisa menjadi pribadi yang bersyukur dan menghargai apa yang ada disekitar kita. Termasuk bangga menjadi bagian dari masyrakat Garut yang menyebarkan potensi-potensi ke khalayak luas. Supaya mereka bisa Jelajah Garut untuk mengenal lebih dekat dan saling berbagi dengan kapasitasnya masing-masing.

 

Sumber Berita:

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This