fbpx

Exclusive Report: Kawasan Wisata Rancabuaya

Wilayah Garut Selatan memiliki banyak potensi alam yang masih menunggu untuk dioptimalkan, terutama di bidang pariwisata. Nah, ada kabar baik dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Garut. Setelah melalui berbagai kajian, Pemprov Jabar dan Pemda Garut kini telah memiliki action plan untuk segera mengembangkan serta mempopulerkan Kawasan Wisata Rancabuaya.

Untuk mengembangkan Kawasan Wisata Rancabuaya ini pemerintah, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), telah melakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Pengembangan Akses Pasar Melalui Promosi dan Kreasi Kawasan Wisata Rancabuaya Kabupaten Garut. Melalui FGD ini, Bappeda Provinsi Jawa Barat dan Bappeda Kabupaten Garut melakukan koordinasi terkait perencanaan pengembangan kawasan ini. Untuk menyukseskan program ini, semua stakeholder yang terlibat, dari mulai pemerintah, pihak swasta, warga sekitar, akademisi, serta komunitas lokal, diharapkan bisa ikut serta secara aktif dalam rencana ini.

Walaupun bernama Rancabuaya, kawasan wisata ini tidak hanya tentang Pantai Rancabuaya, tapi juga potensi-potensi wisata di sekitarnya. Wilayah-wilayah yang masuk ke dalam action plan Kawasan Wisata Rancabuaya ini diantaranya adalah Kecamatan Caringin, Mekarmukti, Bungbulang, Cisewu, dan Talegong. Tentu bayak sekali potensi wisata yang berada di kecamatan-kecamatan tersebut.

Nah, melalui Exclusive Report ini, kita ingin mengupas tuntas potensi destinasi, akses, akomodasi, dan semua hal tentang Kawasan Wisata Rancabuaya.

Yuk kita explore Rancabuaya!

Kawasan Wisata Rancabuaya

  1. Destinasi favorit di kawasan ini
    1. Pantai Rancabuaya
    2. Pantai Cicalobak
    3. Puncak Guha
    4. Pantai Cidora
    5. Sodong Bodas
    6. Destinasi potensial lain di Kawasan Wisata Rancabuaya
  2. Akses dan kondisi jalan :
    1. Rute I : melalui Garut – Pameungpeuk
    2. Rute II : melalui Garut – Bungbulang
    3. Rute III : melalui Bandung – Pangalengan – Talegong
    4. Rute IV : melalui Bandung – Ciwidey – Cidaun
  3. Akomodasi
  4. Proses Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Akses Pasar Melalui Promosi dan Kreasi Kawasan Wisata Rancabuaya Kabupaten Garut

Ayo ikut aktif dalam menyukseskan rencana pengembangan ini dengan membagikan artikel ini di media sosial kalian. Klik ikon media sosial di samping kanan untuk langsung membagikan artikel ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This