fbpx

Es Goyobod : Si Pelepas Dahaga dari Tanah Sunda

Es Goyobod khas Garut

Es Goyobod khas Garut

Es Goyobod. Itulah namanya. Bagi sebagian Travelmate, mungkin kuliner khas Garut ini sudah ramah di telinga, atau bahkan sudah ramah di lidah. Nah bagi yang masih penasaran, Jelajah Garut akan mengupas semua tentang si Pelepas Dahaga dari kota Garut ini.

Goyobod, yang berarti basah kuyup dalam Bahasa Indonesia, bisa di kategorikan sebagai es campur. Namun tentunya ada keunikan sendiri. Mulai dari sensasinya ketika masuk ke rongga mulut, hingga resep rahasianya yang misterius. Bahkan, es campur khas yang satu ini punya sejarah yang panjang.

Pada dekade 1930-an, Es Goyobod ini diperkenalkan oleh seorang pedagang yang bernama Junaedi di Jakarta. Sayangnya, usaha Junaedi di Jakarta kurang beruntung. Lalu usaha ini dibawa dan dilanjutkan oleh anaknya yang bernama Usep di Bandung sekitar tahun 1940, di daerah Banceuy. Dagangannya pun mulai laris. Namun, Peristiwa Bandung Lautan Api tanggal 23 Maret 1946 mengharuskan Usep mengungsi ke Garut dan melanjutkan usahanya di Garut.

Seorang pedagang Goyobod di Garut mengungkapkan cerita serupa. Hanya saja beliau menuturkan bahwa penemu Goyobod ini bernama Abah Aca, yang berjualan di Banceuy juga. Ketika peristiwa Bandung Lautan Api, Abah Aca pindah ke Garut dan usahanya dilanjutkan oleh anaknya.

Secara kasat mata, Es Goyobod ini seperti tidak ada bedanya dengan es campur lain. Namun ketika sudah masuk di kerongkongan, perbedaan rasa akan kontras terasa. Ini karena perbedaan tekstur yang berasal dari bahan-bahan dasar Goyobod.

Berbahan dasar dari tepung sagu, pacar cina, alpukat, dan sirup, Es Goyobod yang teksturnya kenyal ini kemudian dipadu-padankan dengan serutan kecil kelapa muda dan ditambah roti tawar serta serutan es diatasnya sebagai topping. Slurrrp!

Sayangnya, jika anda membuat sendiri Es Goyobod ini, kemungkinan besar rasanya tidak akan sama dengan Es Goyobod yang biasa dijual di Garut. Ini diyakini karena Goyobod yang biasa dijual di Garut memiliki sebuah resep rahasia layaknya Krabby-Patty.

Para penikmat kuliner khas tentu wajib mencoba Es Goyobod asli Garut ini. Ditengah hari, saat cuaca sedang terik-teriknya di Kota Garut, dan kerongkongan sedang kering-keringnya, Goyobod-lah solusi jitunya.

Nah, dari pada bingung dan cape bikin Goyobod sendiri, mendingan langsung beli di penjualnya langsung yang asli Garut. Ada beberapa gerobak Es Goyobod yang bisa Travelmate temui di Kota Garut.  Travelmate bisa datang ke Alun-Alun Garut, sebelah Rutan Garut dan Jalan Pajajaran. Selain itu bisa dijumpai juga di daerah sentra kerajinan kulit Sukaregang, di Jalan Rumah Sakit depan kantor Arsip Garut, juga di sekitar Simpang Lima dan Pemda.

***

Dukung terus Jelajah Garut melalui usaha-usaha kecil yang kita jalankan:

Jelajah Garut Merchandise | Jelajah Garut Tour Organizer | Jelajah Garut Outdoor Gear Rental

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This