fbpx

A-Z About Garut Bagian 1 : Mari Mengenal Garut Lebih Jauh!

A : Akar Wangi

(Vetiveria zizanioides) adalah tanaman rumput yang sarat manfaat. Akarnya biasa disuling dan diambil minyaknya untuk produksi parfum. Tanamannya pun biasa dijadikan produk kerajinan.

Garut adalah produsen minyak dan kerajinan akar wangi. Produk kerajinan malah sudah ekspor ke luar negeri  (Taiwan, Korea Selatan, Singapura, Malaysia, Uni Emirat Arab dan Arab Saudi). Sementara minyak akar wangi diekspor untuk digunakan sebagai bahan dasar parfum, kosmetik, dan sabun .

Salah satu produk kerajinan akar wangi berbentuk Domba Garut.

Salah satu produk kerajinan akar wangi berbentuk Domba Garut.

B : Babancong

Babancong adalah bangunan kecil di daerah Alun-alun Garut. (photo)

Jaman dulu babancong berfungsi sebagai tempat para pembesar menyaksikan keramaian di alun-alun, atau tempat berpidato. Sampai sekarang pun, babancong masih digunakan untuk tempat duduk para pejabat, jika di alun-alun diselenggarakan berbagai upacara.

Babancong didirikan bersamaan dengan pendirian Gedung Pendopo, Alun alun, Masjid Agung, dan kantor Karesidenan pada waktu pembangunan ibu kota Kabupaten Limbangan pada tahun 1813. Pada tahun itu pula muncul sebutan Garut yang belakangan menjadi nama Kabupaten Garut, menggantikan nama Kabupaten Limbangan.

Fakta Unik : Di Babancong inilah Presiden Pertama RI, Soekarno menyebut Garut sebagai Kota Intan.

C : Cikuray

Siapa yang tidak tahu gunung tertinggi di Kabupaten Garut ini (2821 mdpl). Gunung yang berbentuk kerucut raksasa ini adalah gunung yang tidak aktif. Para pendaki dari Jawa Barat dan sekitarnya wajib mencoba trek pendakiannya yang cukup terjal dan panjang, demi pemandangan di tanah tertinggi kota Garut.

cikuray

D : Domba Garut

(ovis aries)

Domba Garut sering dikatakan merupakan domba lokal terbaik di Indonesia. Selain digunakan untuk seni ketangkasan karena kegagahannya, Domba Garut juga sering digunakan untuk kebutuhan pedaging. Daging domba ini sangat enak dengan kandungan lemak yang sedikit sehingga tidak heran kalau daging Domba Garut ini digunakan untuk masakan Sate Domba Afrika.

khusus Domba Garut sebagai domba laga atau sebagai hewan kesayangan, biasanya dipelihara oleh kalangan atas, karena harga domba tersebut yang sangat mahal dan unsur seni serta keindahan yang ditonjolkan.

Fakta Unik : ada motto tentang domba garut yaitu “Tandang di Lapang, Gandang di Lapang, Indah Dipandang serta Enak Dipanggang”.

IMG_4378

E : Es Goyobod

Es Goyood mungkin merupakan salah satu minuman terfavorit para pecinta kuliner Garut. Goyobod terbuat dari tepung sagu aren yang   dicampur santan sampai mengental. Teksturnya mirip jelly.  Rasanya kenyal tetapi lembut, mirip dengan tekstur cincau atau cendol.

Es Goyobod ini tergolong kuliner yang sangat murah, dimulai dari Rp. 5000 saja per-gelas. Di Garut ini sudah cukup banyak spot gerobak-gerobak penjual Goyobod. Diantaranya di daerah Alun-alun, Simpang Lima, Pemda, dan banyak lagi.

 

 

F : Flamboyan

Golf Course Flamboyan, Ngamplang, Cilawu, Garut.

Luas keseluruhan area golf ini 27 ha, dengan area terbangun seluas 25 ha, dan area terbuka 2 ha.

Padang Golf Flamboyan ini sering disebut sebagai lapangan golf termurah di dunia. Golf Course ini memiliki sembilan Hole dengan harga Green Fee untuk umum hanya Rp 70 ribu untuk yang main hari Senin – Kamis, sementara untuk Jumat dan Sabtu atau hari libur harganya Rp 80 ribu dengan jumlah Caddy yang aktif saat ini ada sekitar 52 orang bertarif rata-rata untuk sekali mendampingi Rp 10 ribu saja.

Lain halnya untuk para member yang jumlahnya sekarang mencapai 80 orang, harganya tentu lebih nurah sekitar Rp 25 ribu karena kalau member dipungut iuran per bulan Rp 35 ribu.

Fakta Unik : Charlie Chaplin, aktor komedian itu tercatat 2 kali ke Garut dan menginap diGrand Hotel Ngamplang yang terletak di area Lapanga Golf Flamboyan.

Regram foto dari @irfanfirmansyaah

 

G : Guntur

Gunung Api tipe strato ini terletak di Desa Sirnajaya, Kecamatan Tarogong, Kab. Garut. Jika dari Jakarta atau Bandung, anda akan memutari Gunung Guntur ini untuk masuk ke kota Garut. Lihat saja ke arah kanan ketika anda mulai memasuki Kecamatan Tarogong Kaler, anda akan melihat sebuah gunung yang tandus hampir tanpa pohon. Itulah Gunung Guntur.

Puncak Gunung Guntur memiliki ketinggian sekitar 2249 mdpl. Di daerah puncak Gunung Guntur, dapat ditemui dua buah kaldera, yaitu Kaldera Pangkalan di sebelah barat dan Kaldera Gandapura di sebelah timur.

Terakhir meletus tahun 1847, para ahli vulkanologi seringkali menyebut Guntur sebagai gunung yang paling ditakutkan meletus di Indonesia.

SAMSUNG CSC

 

H : Hasan Mustafa

Haji Hasan Mustafa (Garut, Jawa Barat, 1268 H/3 Juni 1852 M – Bandung, 1348 H/13 Januari 1930) adalah seorang ulama dan pujangga Islam yang banyak menulis masalah agama dan tasawuf dalam bentuk guritan (pusisi yang berirama dalam bahasa Sunda), pernah menjadi kepala penghulu di Aceh pada zaman Hindia Belanda.

Karya-karyanya yang pernah dicetak dan dijual kepada umum adalah Bab Adat-Adat Urang Sunda Jeung Priangan Liana ti Éta (1913), esei tentang suku Sunda, diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan Belanda (1977); Leutik Jadi Patélaan Adatna Jalma-Jalma di Pasundan (1916); Pakumpulan Atawa Susuratanana Antara Juragan Haji Hasan Mustafa Sareng Kyai Kurdi (1925); Buku Pengapungan (Hadis Mikraj, tahun 1928); dan Syekh Nurjaman (1958).

 

 

I : Intan

Intan adalah salah satu julukan kota Garut, yang sering diartikan sebagai singkatan dari Indah, Tertib, Aman, Nyaman. Nama ini diberikan oleh Presiden pertama RI, Ir. Soekarno, ketika beliau mengunjungi Garut untuk memberikan penghargaan Adipura. Semenjak itu, Garut seringkali dijuluki sebagai Kota Intan.

Fakta Unik: Pak Soekarno sebenarnya tidak mengartikan Intan sebagai singkatan dari Indah, Tertib, Aman, dan Nyaman, tapi karena menurut beliau ketika malam hari, Garut ‘ngaborelak’ (bercahaya) seperti kilauan intan yang bisa dilihat dari puncak Jalan Cimanuk di pusat kota.

 

J : Jeruk Garut

(Citrus nobilis Lour )

Jeruk Garut adalah salah satu komoditi asli Garut. Pada Tahun 1999, Jeruk Garut yang telah ditetapkan sebagai Jeruk Varietas Unggul Nasional dengan nama Jeruk Keprok Garut I. Namun kejayaanya terus menurun hingga saat ini.

Menurunnya populasi jeruk Garut secara extrim lebih diutamakan karena serangan penyakit citrus vein phloem degeneration (CVPD) yang bersumber dari sebuah bakteri bernama lybers bacteri aniaticum.

Pada akhir tahun 1987 populasi jeruk masih tercatat 1,3 juta pohon yang tersebar di lahan seluas kurang lebih 2.600 hektar dengan jumlah produksi yang dihasilkan kurang lebih 26.000 ton/tahun. Namun, hanya dalam kurun waktu 5 tahun kemudian, populasinya menurun drastis. Pada akhir tahun 1992 tinggal sekira 52.000 pohon.

Sedangkan keadaan s/d akhir tahun 2004, populasi jeruk di Kabupaten Garut berjumlah 349.461 pohon (699,92 Ha) yang terdiri atas Jeruk Keprok Garut sebanyak 113.678 pohon (33 %), Jeruk Siem dan lainnya sebanyak 235.783 pohon (67 %), sedangkan produksi jeruk sebanyak 6.760 ton/thn dari sejumlah tanaman yang telah menghasilkan 140.808 pohon dengan produktivitas 48,05 kg/ph/thn.

 

K : Kerajinan Kulit

Kerajinan kulit andalan dari pengrajin kulit di Kabupaten Garut adalah pakaian jadi dari kulit, jaket kulit sapi (agak keras) dan domba (lentur), yang di kalangan tertentu khususnya di lingkungan bisnis fashion terkenal dengan sebutan “Jaket Kulit Garut”.

Selain memenuhi permintaan konsumen lokal dan nasional, Jaket Kulit Garut juga sudah merambah ke pasar internasional, seperti Singapura, Malaysia, Taiwan, Jepang, dll.

Saat ini, sebagian besar pengrajin jaket kulit berada di sentra industri kulit Sukaregang di Kecamatan Garut Kota dan Desa-desa di sekitar Kec. Garut Kota.

Jika Anda tertarik dengan jaket kulit ini, datang saja ke sentra kerajinan jaket kulit Garut, di Sukaregang. Letaknya tak jauh dari pusat Kota Garut. Sentra kerajinan jaket kulit ini sudah cukup terkenal, bahkan sampai ke mancanegara. Ini bisa dilihat dari banyaknya produk jaket kulit Garut yang diekspor ke luar negeri. Desain dan motif yang digunakan pada jaket kulit Garut sangat beragam dan modern. Tidak monoton itu-itu saja, jadi selalu menarik untuk dilihat dan dibeli.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This