fbpx

5 Tips Menjaga Keselamatan Dalam Berwisata

Menciptakan Keamanan, Kenyamanan dan Keselamatan Dalam Berwisata Itu Penting

Travelmate sering berkegiatan di luar ruang? Yuk, Baca 5 Tips Menjaga Keselamatan Dalam Berwisata. Artikel ini perlu kamu baca karena menyangkut keamanan dan kenyamanan kamu dan orang lain yang sedang berwisata. Karena berwisata itu sendiri merupakan kegiatan yang bersenang-senang dan bukan bertujuan untuk mencari uang apalagi mencari bahaya yang tidak bisa kita minimalisir. Jadi, tetap safety first ya dimanapun Travelmate berada untuk menjaga keselamatan dalam berwisata, berikut tips nya.

 

  1. Mencari tahu informasi Objek Wisata yang akan dikunjungi

Jadilah wisatawan yang bijak dan cerdas, Apakah maksudnya?. Menjadi wisatawan yang bijak dan cerdas memiliki banyak sekali keuntungannya. Bijaksana dalam memilih waktu berpergian di musim yang bersahabat tentu lebih baik jika memilih berpergian pada musim penghujan. Jadilah wisatawan yang cerdas dengan cara mencari, mengumpulkan dan menggunakan informasi wisata membuat persiapan Travelmate jauh lebih aman dan nyaman. Jika, menjadi wisatawan yang bijak dan cerdas sangatlah mudah tentunya resiko berwisata bisa diminimalisir kedepannya.

 

Jadilah wisatawan yang cerdas dengan cara mencari, mengumpulkan dan menggunakan informasi wisata membuat persiapan Travelmate jauh lebih aman dan nyaman.

 

Baca juga: Responsible Traveller, langkah menuju Responsible Tourism
  1. Mencari tahu sarana dan prasarana pendukung

5 Tips Menjaga Keselamatan Dalam Berwisata yang kedua. Apakah ada rambu-rambu larangan disekitar objek wisata yang melarang wisatawan untuk berhati-hati atau bahkan dilarang beraktifitas?. Jika ada, maka lebih baik menghindari objek wisata tersebut untuk keselamatan dalam berwisata. Jangan luput juga ya, perhatikan apakah ada fasilitas medis atau perawatan dalam keadaan darurat seperti posko kesehatan hingga mobil ambulan ? Jika ada, maka tentunya aktifitas berwisata Travelmate bisa sedikit aman.

 

  1. Peka Terhadap tanda-tanda alam
Kegiatan Arung Jeram yang penuh resiko bisa diminimalisir dengan prosedur yang sesuai

Kegiatan Arung Jeram yang penuh resiko bisa diminimalisir dengan prosedur yang sesuai

Bagi Travelmate yang akan atau biasa bermain di luar ruang terlebih lagi dengan aktifitas luar ruang yang menantang dan berpetualang. Sudah pasti harus peka terhadap tanda-tanda alam yang terjadi di sekitar kita. Utamakan keselamatan dibandingkan dengan kesenangan sementara semata. Ingat, wisata itu adalah aktifitas atau kegiatan yang tujuannya adalah bersenang-senang bukannya untuk mencari celaka merugikan sendiri atau orang lain. Walaupun beberapa aktifitas wisata mengandung bahaya, maka lakukanlah sesuai dengan prosedurnya.

Amati dan cari tahu tanda-tanda alam yang sekiranya berbahaya bagi Travelmate atau orang-orang sekitarnya. Seperti waspada banjir bandang jika Travelmate sedang berada di sekitar air terjun atau di sungai yang turun hujan deras. Waspada juga gejala dan perilaku gunung berapi yang akan meletus, salah satu tandanya adalah turunnya binatang dari atas gunung.

 

Utamakan keselamatan dibandingkan dengan kesenangan sementara semata. Ingat, wisata itu adalah aktifitas atau kegiatan yang tujuannya adalah bersenang-senang bukannya untuk mencari celaka.

 

  1. Berkomunikasi dengan petugas atau masyarakat sekitar

Pentingnya menjalin komunikasi dengan petugas atau masyarakat sekitar sangatlah berarti. Karena tentunya petugas atau masyarakat sekitar lebih mengenal daerahnya sendiri ketimbang Travelmate yang pendatang sebagai wisatawan. Ketahui area-area mana saja yang bisa dan boleh dikunjungi menjadikan keselamatan dalam berwisata agar Travelmate cerdas dalam berwisata. Ketahui juga apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan jika sedang berwisata, tujuannya adalah menghormati kepercayaan setempat. Karena biasanya masyarakat setempat memiliki kepercayaan atau perlakuan khusus di daerahnya masing-masing.

 

  1. Tanggap jika mendapati kondisi berbahaya
Kebakaran Gunung Papandayan

Kebakaran Gunung Papandayan

Jika Travelmate sedang berada di suatu objek wisata dan terpaksa mendapatkan situasi darurat dan bahaya apa yang harus dilakukan?. Jika Travelmate mendapatkan situasi darurat atau berbahaya, Travelmate harus tenang dan jangan panik, karena panik akan menambah resiko kecelakaan lebih tinggi. Kedua, Travelmate harus berpikir secara jernih dan cepat apa yang harus dilakukan yaitu menyelamatkan diri sendiri terlebih dahulu barulah berpikir menyelamatkan orang lain. Ketiga, menganalisis atau observasi lingkungan sekitarnya untuk mencari-cari peluang keselamatan. Dan terakhir adalah mencari pertolongan kepada pihak yang berkompeten untuk menanggapai situasi yang ada.

Jika Travelmate mendapatkan situasi darurat atau berbahaya, Travelmate harus tenang dan jangan panik, karena panik akan menambah resiko kecelakaan lebih tinggi.

 

Travelmate tentu ingin aman, nyaman dan senang kan jika berwisata? Nah, diharapkan setelah membaca  5 Tips Menjaga Keselamatan Dalam Berwisata di atas, harapannya Travelmate bisa bijak dan cerdas dalam menjadi wisatawan yang bertanggung jawab (Responsible Traveller). Jangan ragu dan malu untuk bertanya jika hendak berwisata ke destinasi wisata tertentu. Ingat selalu ya Travelmate, Safety First supaya keselamatan dalam berwisata tetap terjaga!.

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This