fbpx

48 hours in Garut : Wisata Edukatif

Kali ini tim Jelajah Garut akan membuatkan itinerary buat Travelmate yang dateng dalam kelompok besar, lebih dari 30 orang. Kita bakal mengajak Travelmate jalan-jalan yang edukatif di sekitar Kamojang. Travelmate bisa menikmati alam Kamojang, tentunya dengan kekhasan Garutnya, yaitu pemandangan “hijau”nya dan ekosistemnya, serta mempelajari keunikan budaya penduduk sekitar. Let’s start the journey!

 Day 1

Dari arah Jakarta atau Bandung, jika Travelmate datangnya pagi sekitar jam 10, Travelmate bisa mengunjungi dulu Kawasan Wisata Cangkuang. Menikmati penyatuan antara alam, budaya, dan sejarah. Disana travelmate bisa menikmati rarakitan di Situ Cangkuang. Melintas situ (danau) menuju pulau kecil yang didalamnya terdapat Kampung Adat Pulo yang dibentuk oleh Arif Muhammad, salah satu prajurit Majapahit.

Lalu juga berdiri megah  Candi Cangkuang yang bermotif Hindu. Ini satu-satunya candi Hindu di Jawa Barat lho. Disampingnya, terdapat makam Arif Muhammad, salah satu penyebar agama Islam di Cangkuang. Jangan lewatkan juga museum mini yang berisikan transkrip-transkrip kuno tentang Islam disana.  Lebih lengkapnya, oleh-oleh kerajinan di Cangkuang juga jangan lupa dibungkus ya… J

Sekitar jam 11-12, travelmate bisa melanjutkan perjalanan sambil mencari makan siang. Selanjutanya kita ajak Travelmate untuk menikmati kehidupan pedesaan. Ya, kita menginap di Desa Wisata Saung Ciburial. Sebagai catatan, kegiatan disini harus berbentuk kelompok minimal 30 orang dan harus reservasi dulu jauh-jauh hari biar ngga bentrok sama tamu yang lain.

Di sini, Travelmate bisa merasakan secara langsung kehidupan pedesaan. Travelmate juga bisa trekking kampung untuk melihat berbagai kekayaan budaya masyarakat, dari mulai batik, domba, hingga kerajinan dan para pandai besi. Selain itu, Travelmate juga bisa bermain permainan rakyat, memancing, rarakitan, bahkan outbound.

Selanjutnya tidak perlu mencari penginapan, cukup menginap di homestay saja bersama keluarga. Merasakan kebersamaan dengan penduduk desa. Waaah… seru ya sepertinya..

Day 2

Esok harinya, setelah sarapan, mari kita kunjungi konservasi elang Jawa di Kamojang. Konservasi ini merupakan hasil kerjasama antara Pertamina Geothermal dengan BBKSDA (Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam). Pasti seru dong liat elang Jawa langsung di alam bebas. Apalagi dengan pemandangan yang menyegarkan mata dan pikiran. Juara deh!

Setelah puas di Konservasi Elang Jawa, kita kunjungi juga Kebun Mawar Situhapa. Bisa buat sight seeing, dan tempat yang bagus untuk selfie. Jangan lupa juga memfoto landscape Kota Garut disana. It’s awesome out there, Travelmate!

Sudah puas dengan berfoto-foto ria, saatnya belanja oleh-oleh!  Untuk membeli oleh-oleh, Travelmate bisa mengunjungi jalan Otto Iskandardinata. Daerah Tarogong Kidul. Ada banyak disana oleh-oleh yang bisa dibeli, khususnya cemilan ringan khas Garut. Kenyang beli oleh-oleh, time to go home..

***

untuk informasi lengkap mengenai Desa Wisata Saung Ciburial, travelmate bisa download eMagazine kita yang edisi 5 di link ini : bit.ly/jelajahgarut-vol5

Gratis!

eMagazine Jelajah Garut edisi 5

eMagazine Jelajah Garut edisi 5

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This